Menggunakan Express Tools: Dimension

typing.jpg

Kelompok express tools berikut yang dibahas adalah dimension.

Leader Tools

Anda sering menggunakan leader? Di AutoCAD 2008 sudah ada multileader yang lebih baik. Tapi jika anda sering menggunakan leader, mungkin akan berguna.

Kalau menurut help file, express tool untuk leader di sini terutama ditujukan untuk file-file yang dibuat di AutoCAD R.13. Di masa itu, anda sudah dapat membuat leader. Tapi multiline text yang ada tidak berhubungan dengan leadernya. Anda memindahkan text, leadernya akan tetap cuek pada posisinya.

Attach Leader to Annotation

Command line: QLATTACH

Attach akan menghubungkan satu leader dengan satu multiline text. Anda tidak dapat menghubungkan satu leader dengan single line text.

Dettach Leader to Annotation

Command line: QLDETACHSET

Detach akan melepaskan leader dari multiline text. Setelah di detach, maka anda dapat memindahkan text dan leader tidak mengikuti posisi text yang baru.

Global Attach Leader to Annotation

Command line: QLATTACHSET

Sebetulnya ini sama saja dengan QLATTACH. Namun anda dapat memilih langsung beberapa leader dan multi line text. Kelemahannya, multi line text harus anda letakkan di dekat ujung leader. Jika terlalu jauh, akan diabaikan.

Dimstyle Export dan Dimstyle Import

Command line: DIMEX dan DIMIM

Yang ini cukup menarik. Anda dapat mengimport dimension style dari satu file DWG ke file DWG lain dengan design center. Dan untuk menjaga standar, yang terbaik adalah menggunakan template. Namun cara ini mungkin anda perlukan jika kedua cara itu tidak dapat anda gunakan. Anda dapat mengexport konfigurasi dimension style ke file text dengan DIMEX, dan mengimportnya dengan DIMIM!

Reset Dim Text Value

Command line: DIMREASSOC

Dimension seharusnya menunjukkan ukuran dari dua titik acuan, atau panjang suatu garis. Atau untuk menunjukkan ukuran lainnya. Namun kadang pengguna yang putus asa sedikit ‘cheating’ dan mengedit nilai dimensinya. Sehingga tidak menunjukkan ukuran sebenarnya.

Dengan tool ini, anda dapat memilih semua dimensi dan mengembalikan text yang sudah diedit ke kondisi awal dengan cepat.

  • wahyu

    gue bingung, kenapa progam cad semakin baru malah semakin ribet yac..?kenapa ngga semakin mudah and simple aja ya..?

    • http://tentangcad.com Edo

      Awalnya program itu dibuat simpel. Trus berkembang ditambahi feature-feature baru… sehingga menjadi powerful. Idealnya jadi ‘powerful but simple’… ;)
      Kalau AutoCAD sih menurut saya bisa simple bisa gak. Tergantung kebutuhan kita aja…

  • wahyu

    Gw mau nanya nic….Dulu gw pernah pakai cad 2006/2007kl ngga salah ..di view nya tuh ngga ada toolbar nya…cara munculin nya da yg tau ngga?……..
    ….
    Nambah lagi…kalo cad yg standar biasanya command2/aliasnya beda ya….tau ngga cara ngerubah aliaseditnya mas…?tnx banget boos atas jwbnya….

  • http://belajar33.blogspot.com Yuda

    saya punya masalah dimana saat membuka autocad 2008 muncul pesan
    ” **Express Tools** – Unable to load acetauto.lsp/fas
    bad argument type: stringp nil ” kira-kira cara memperbaikinya gimana ya ?