[Dynamic Block] Profile

Seringkali kita menemui kendala untuk mempercepat proses pekerjaan. Salahsatunya mungkin ditemukan rekan-rekan yang biasa menggambar profile baja. Pada kesempatan ini kita akan membahas bentuk profile tampak samping. Bagaimana cara membuat gambar tersebut agar lebih mudah dan mempercepat proses pekerjaan kita. Fasilitas di AutoCAD yang bisa kita gunakan untuk hal ini adalah dynamic block. Disini kita tidak akan membahas bagaimana membuat block dan dynamic block tetapi hanya sebatas parameter-parameter yang dibutuhkan. Pada kasus ini kita ambil contoh profile L dengan ukuran 100 X 100 X 5 mm. Perhatikan gambar dibawah ini :

profile

Pada profile ini seringkali kita harus membuat sambungan menjadi bentuk mitter agar bentuk menjadi lebih baik. Seringkali kita gunakan command trim dan strech untuk menyelesaikan permasalah ini. Sebenarnya kita bisa selesaikan dengan dynamic block. Berikut cara pembuatannya.

1. Jadikan sebagi block dan edit menggunakan block editor untuk menjadi dynamic block

2. Masukan parameter linear untuk proses stretching dan untuk action pilih stretch action. Dan untuk pemilihan entity bisa lihat gambar dibawah ini.

stretch action

3. Lakukan analisa pergerakan dari action no.2. Misal kita stretch entity sejauh 10 mm berapa panjang gerakan yang dibutuhkan oleh garis putus-putus.

Pada contoh ini gerakan yang dibutuhkan oleh garis putus-putus sebesar 0.5 mm. Dengan kata 1 mm gerakan stretch No.2 berarti garis putus-putus harus bergerak sejauh 0.05 mm. Untuk hal ini bisa dipecahkan dengan stretch action dengan mengambil factor pengali (multipler) dan memilih entity garis putus-putus agar bisa bergerak bersamaan.

db result

Semoga yang sedikit ini bisa membantu meringankan pekerjaan.

File tutorial di atas bisa di download di sini.

 

Jakarta 30/3/09,

Afrizanirman