Sheet Set, Text Field, dan Sheet List

Di latihan sheet set, anda sudah membuat sheet set, mengimport sheet dari layout, dan mengubah properti sheet number dan sheet title. Yang terakhir, anda dapat melihat bahwa pada title block (kop gambar atau etiket) no halaman gambar dan judul gambar juga diubah secara otomatis.

title block.jpg

Anda mungkin sudah menyadari bahwa ini adalah penggunaan text field. Ya, sheet set memiliki properti sendiri untuk digunakan dalam text field.

Jika anda mencoba memasukkan field, cobalah ganti field category menjadi sheetset.

field category.jpg

Anda akan melihat berbagai properti sheet set yang dapat anda gunakan. Diantaranya adalah CurrentSheetNumber dan CurrentSheetTitle yang digunakan pada contoh title block di atas.

Selain dua properti itu, sheet set juga memiliki berbagai properti lain. Anda dapat mengontrolnya dengan mengklik kanan sheet dan project, dan memilih properties dari context menu.

Sheet properties:

Sheet set Properties:

Gampangnya, sheet set properties digunakan oleh seluruh sheet, sementara sheet properties hanya digunakan sheet tersebut. Nama dan no project tentu sama untuk semua sheet bukan?

Sekarang kita akan membuat sheet list. Atau daftar isi dari project anda. Klik kanan pada sheet set, dan pilih new sheet. Anda akan diminta untuk mendefenisikan file template. Anda harus mendefenisikan template dengan defenisi layout yang siap pakai. Jika belum, anda dapat mendownload menggunakan template ini. Template ini sudah memiliki 1 layout dengan ukuran A4 berorientasi potrait. Simpan pada folder yang anda inginkan.

Browse ke file dwt tersebut, pilihlah Layout1, dan klik OK.

Berikan number 00 dan title ‘Daftar Isi’. Pastikan anda mengaktifkan open in drawing editor. Ini akan langsung membuka file yang baru anda buat. Klik OK.

File yang baru anda buat akan terbuka.

Klik kanan lagi pada sheet set, dan pilih insert sheet list table. Klik OK, dan letakkan tabel sheet list tersebut pada gambar anda. Mudah saja bukan? Ratusan lembar gambar dapat anda buat listnya dengan cepat, dengan resiko salah penomeran lebih kecil, dan salah ketik judul lebih kecil.

sheet list table.jpg

Sedikit tips, jika anda melihat urutan gambar anda tidak benar, anda dapat mengklik dan drag sheet itu pada posisi yang seharusnya pada sheet set manager.

Keuntungan Bonus:
Anda dapat menggunakan sheet set untuk mengirimkan gambar seluruh project dengan e-transmit. Semua file yang terdaftar di sheet set akan dikumpulkan dan dijadikan 1 file zip. Tidak ada resiko tertinggal, atau file gak penting yang terbawa.

Bagi yang belum menggunakan sheet set, dan sudah mencobanya pada tutorial ini… saya ingin tahu apakah menurut anda, anda akan menggunakan fitur ini?

  • http://www.kharianto.co.cc kharianto

    Wah info mantaf kang,,, thanks infonya,,,

  • http://cadblock.blogspot.com yos

    Baru tahu nih tentangcad.com, bagus infonya.
    Semoga cad indonesia makin berkembang… salut buat rekan-rekan admin.

  • Olanks

    Apa bntuknya sheetlistnya harus baku gt y? Atau bs d modif lg?

  • Gatot Abdiyanto

    Bagaimana cara membuat nomor halaman secara berurutan ( otomatis ), jadi seandainya kita sisipkan halaman baru, tidak perlu mengubah nomor halaman satu per satu. Misalkan seperti nomor halaman pada Ms. Office. Thank’s…

    • SUPRIYANTO

      klo pengalaman saya, nama file no gambar dibuat sama, dan gunakan field category document pilih filename, jadi tinggal rename filenya otomatos no gambar juga ikut….

      • http://tentangcad.com Edo

        Bisa juga. Cuma kalau di sheet set kan bisa langsung dibuat sheet list-nya :)

  • Gatot

    bagaimana caranya convert hasil gambar di view layout ke file pdf atau bmp atau jpg ( untuk bahan presentasi ). thx.

  • Gatot Abdiyanto

    Tiap menjalankan perintah MOVE, yang terjadi adalah perintah meng-COPY objek sebanyak 1 kali.
    Kenapa mas ya…? Info : saya menggunakan Window XP, autoCAD2009, system LENOVO G450.
    Thx.