Menggunakan Express Tools: Blocks

typing.jpg

Express tools sudah ada sejak beberapa versi AutoCAD yang saya tahu. Keberadaannya cukup membantu, namun seringkali terlupakan. Saya sendiri seringkali lengah dan tidak berusaha memanfaatkannya. Jadi kali ini saya akan mencoba membahas kelompok tool satu ini.

Apa itu express tool? Dari pengamatan saya, express tools adalah kelompok tool yang masih dalam tahap uji coba. Mungkin dari wishlist yang diajukan ke Autodesk. Saya menemukan setelah beberapa lama, tool yang ada di sini bisa dipindahkan ke fitur standard AutoCAD.

Pertanyaan yang cukup umum dilontarkan adalah ‘kok menu express saya tidak ada?’. Untuk memperoleh express tools, memang anda harus melakukan konfigurasi saat instalasi. Jika saat menginstall anda terbiasa mengklik next… next… sampai finish, seringkali melewatkan konfigurasi satu ini.

Menu express tool akan muncul di sebelah menu help.

express menu.jpg

Karena banyaknya tools yang ada, pembahasan mengenai express tools akan di bagi atas beberapa bagian. Dibagian pertama ini, akan dibahas express tools untuk block.

Block Tools

block tools.jpg

List Xref/Block Properties

Command line: XLIST

Tool ini digunakan untuk melihat property dari ‘nested block’ atau ‘nested reference’. Tool ini berbeda dengan tools>inquiry>list. LIST hanya menampilkan block induk. Sementara XLIST menampilkan ‘block anak’. Misalkan anda punya block table dan block chair. Lalu anda susun menjadi meja makan, dan anda buat menjadi block baru bernama ‘dining table’. Block di dalam block ini yang disebut sebagai nested block.

Jika anda LIST, maka anda hanya dapat melihat property dari block ‘dining table’. Sementara dengan XLIST, anda akan melihat property block ‘chair’ atau ‘table’ – tergantung yang mana yang anda pilih.

xlist.jpg

Copy Nested Objects

Command line: NCOPY

Bagaimana jika anda ingin mengkopi objek yang ada di dalam block? Anda harus meng-explode block, baru mengambil sebagian objek yang anda inginkan. Dengan NCOPY, anda dapat langsung memilih objek yang anda inginkan tanpa meng-explode-nya lagi.

NCOPY hanya mengkopi objek dasarnya saja. Misalkan anda punya nested block, maka yang dicopy bukan blocknya. Tapi elemen dasar pembentuk block seperti line, rectangle, pline, dll.

Trim to Nested Objects dan Extend to Nested Objects

Command line: BTRIM dan BEXTEND

Terus terang saya tidak tahu apa bedanya dengan TRIM atau EXTEND biasa. Menurut help file, BTRIM dan BEXTEND dapat digunakan untuk melakukan trim/extend dengan acuan elemen di dalam block (nested object). Tapi sepengetahuan saya, sejak AutoCAD 2004 (atau 2005?) kita memang sudah dapat menggunakan block untuk melakukan trim/extend. Saat saya mengujinya, sama sekali tidak ada perbedaan antara TRIM dan BTRIM.

Atau jika anda tahu perbedaannya, mungkin dapat share di sini?

Explode Attributes to Text

Command line: BURST

Block attributes sering digunakan untuk standarisasi simbol, title block, dan sebagainya. Tujuannya agar ukuran text, jenis font menjadi standard. Namun kadang kita perlu mengexplodenya agar menjadi text. Jika anda mengexplode dengan command EXPLODE biasa, maka anda akan melihat attribute di convert ke bentuk aslinya seperti di gambar sebelah kiri. Nilai attribute yang diberikan akan diabaikan.

Dengan BURST, maka nilai attribut akan di-convert menjadi text.

burst.jpg

Convert Shape To Block

Command line: SHP2BLK

Saya tidak tahu kapan persisnya orang menggunakan shape sebagai library. Namun sepertinya dulu ini banyak digunakan. Block, memiliki beberapa kelebihan dibandingkan shape. Jika anda ingin mengubah shape pada gambar yang anda miliki menjadi block, anda dapat menggunakan tool ini.

Bagaimana jika dalam satu gambar ada banyak shape dengan nama sama? Semua akan diconvert menjadi block.

Export Attribute Information dan Import Attribute Information

Command line: ATTOUT dan ATTIN

Tool satu ini cukup menarik. Bayangkan anda memiliki drawing yang memiliki banyak sekali block attributes. Untuk mengeditnya satu-persatu cukup memakan waktu. Cara lain yang dapat anda lakukan adalah mengexport data attributes yang ada ke file txt, mengeditnya di notepad, dan mengimport perubahan itu kembali ke AutoCAD. Cara ini relatif lebih cepat daripada melakukannya di AutoCAD.

attout.jpg

Convert Block to Xref

Command line: BLOCKTOXREF

Tool satu ini digunakan untuk mengganti block yang ada di dalam drawing dengan file external reference (XREF). Kenapa ingin melakukan ini? Banyak alasannya. Misalnya anda semula menggunakan objek tipikal dengan block, namun kemudian berubah pikiran dan ingin menggunakan XREF. Atau anda ingin menampilkan suatu bagian dengan sketch sederhana, dan kemudian menggantinya dengan gambar lengkap yang ada di XREF.

Anda perlu satu file XREF yang akan menggantikan block yang ada. Lalu aktifkan tool ini, pilihlah block yang akan diganti, dan browse ke file yang akan menggantikan block tersebut. Periksalah pada XREF palletes, dan anda akan melihat file tersebut telah di attach.

Replace Block with Another Block

Command line: BLOCKREPLACE

Saya bertanya-tanya kapan tool ini akan menjadi default tools. Jika mengacu sifat block yang mestinya adalah library, seharusnya tool ini lebih terpakai ketimbang block editor. Logikanya, anda tidak mengedit library, tapi menggantinya dengan objek library lain. Misalnya tipe kursi A, ingin diganti dengan kursi B. Tidak masuk akal jika anda mengeditnya supaya berbentuk kursi B bukan? Anda menggantinya dengan kursi tipe B.

Kelemahan dari BLOCKREPLACE adalah, semua block dengan nama sama akan diganti dengan block baru. Kita belum dapat memilih sebagian block saja yang diganti, entah dengan selection, window, atau fence.

  • Nanang Sumantoro

    PERMISI ADMIN MAU NANYAK NI.
    BAGAIMANA CARA UBAH SISTEM KORDINAT GOOGLE EARTH KE ACAD