Menggunakan Dimensi

Dimensi merupakan elemen anotasi yang digunakan untuk menunjukkan ukuran panjang, besar sudut, radius/diameter dan sebagainya. Dimensi juga merupakan anotasi yang sangat penting dalam menggambar teknik. Meski anda menggambar dan mencetak dengan menggunakan skala, tidak masuk akal jika orang yang ingin mengetahui ukuran gambar anda harus mengukurnya setiap saat.

Dimension juga diatur dengan style. Pengaturannya lebih kompleks dari teks style, namun pada dasarnya sama saja.

Menggunakan Dimension

Berikut adalah dimension tools yang ada pada toolbar dimension. Jika anda belum dapat melihatnya, klik dari menu AutoCAD tools>toolbars>dimension.

Meski banyak tools untuk dimension, tidak semuanya akan anda pakai. Beberapa lebih sering digunakan untuk industri tertentu saja. Dan pada dasarnya penggunaannya sama. Jika anda telah melengkapi gambar bangunan anda di review latihan sebelumnya, dapat memberikan dimensi pada gambar anda. Jika tidak, anda dapat mendownload file ini dan mencobanya pada latihan ini.

latihan.jpg

Cobalah aktifkan linear dimension. Klik end point dari garis centerline paling kiri. Klik endpoint centerline berikutnya sebagai titik terakhir. Dan klik sekali lagi sebagai posisi dimana anda ingin meletakkan dimensi itu.

dimension.gif

Saat ini dimensi anda mungkin ukurannya belum terlihat. Ukurannya masih terlalu kecil. Tidak perlu dipikirkan, kita akan ubah ukurannya kemudian.

Mudah saja bukan? Setiap jenis dimensi memiliki beberapa cara yang mungkin sedikit berbeda. Namun jika anda ingat aturan penggunaan tool AutoCAD, hal ini tidak akan sulit diikuti.

Command: DIMLINEAR
Specify first extension line origin or <select object>:
Specify second extension line origin:
Specify dimension line location or
[Mtext/Text/Angle/Horizontal/Vertical/Rotated]:
Dimension text = 5000
Command:

Sekarang aktifkan DIMCONTINUE dimcontinue.jpg. Perhatikan sekarang dimensi anda langsung diteruskan dari dimensi sebelumnya. Klik setiap titik endpoint dari centerline itu sampai selesai.

dimcontinue.gif

Sekarang anda telah memiliki beberapa dimensi. Sampai sekarang, kita belum dapat membaca dimensi ini. Sekarang kita akan mengubahnya melalui dimension style.

Mengenal Dimension Style

Dimension juga diatur dalam dimension style. Anda dapat mengaturnya di menu format>dimension style…

Klik modify untuk mengedit style ini. Klik tab text.

  1. Ganti text height menjadi 200.
  2. Ganti offset from dim line menjadi 50.

Klik tab symbols and arrows. Ganti nilai arrow size menjadi 200.

Klik OK, lalu klik close. Sekarang dimensi anda telah dapat terbaca. Dimension style memiliki banyak properties. Anda dapat coba sendiri dan melihat kegunaannya. Jika ada kesulitan, anda dapat selalu mendiskusikannya di sini atau di forum. Seperti yang pernah saya sebutkan, tidak ada gunanya saya sebutkan satu-satu fungsinya. Seringkali anda sudah dapat menebak gunanya, atau bahkan tidak memerlukannya. Bereksperimenlah agar anda tidak cepat lupa :)

Penjelasan:

Nilai tinggi text 200 disiapkan untuk dicetak dalam skala 1:100. Dengan skala 1:100, artinya saat dicetak tinggi text akan menjadi 2 mm. Jika anda ingin mencetak dengan skala lain, bisa anda sesuaikan sendiri.

  • Neil sedek .T.

    saYa mW nanYA,,bGaimaNa caRa bLajaR caD dNgaN cePat daN M’geRti smUa fungsI tooL2 nY…? TrimakasiH

    kLo bOlEh saya minTa daftaR dan funGsi smua tooL2nYa…

  • Adi

    dear all
    bgmna cara merubah satuan pada demensi dr mm ke cm
    contoh pada saat qta membuat garis 4 m qta gambar 4000 mm ( unit dlm mm )
    saat qta menambahkan ukuran linearnya akan tercantum 4000
    bgmna cara merubah angka 4000 menjadi 400
    thanks atas tanggapannya

    • ketik “d” lalu pilih “modify”..pilih tab (yg diatas) “primary units” dan setel “scale factor”nya dari 1 menjadi 0.1 lalu “ok” dan “close”