Menggunakan Alternative Dimension

alternate unit.jpg

Anda pernah membutuhkan untuk menampilkan dua unit yang berbeda pada dimensi anda? Misalkan pada contoh ini, model anda dibuat dalam mm. Namun anda perlu menampilkannya juga dalam feet dan inch. Atau mungkin anda diminta oleh owner yang gak suka melihat satuan mm, tapi lebih familiar dengan m. Caranya sangat sederhana.

Anda dapat mengaktifkan display alternate units dari dialog dimension style. Sekedar refreshing, mengubah dimension style dapat dilakukan dengan mengklik menu format>dimension style. Atau mengetikkan DIMSTYLE pada command line. Pilih style yang ingin anda ubah, dan klik modify.

Klik tab alternate units dan aktifkan display alternate units. Pada contoh ini dibuat unit format menjadi architectural stacked. Multiplier for alt units dibuat 0.039. Nilai ini adalah konversi dari mm ke inch.

dimstyle settings.jpg

Klik OK, lalu close.

Sekarang jika anda membuat dimensi baru dengan style yang anda ubah tadi, anda akan dapat melihat alternative units yang diinginkan.

*Tips: Jika anda telah memiliki dimensi yang menggunakan style tersebut, tidak otomatis mengikuti perubahan yang ada. Klik dari menu dimension>update untuk mengubahnya. Pilih semua dimensi yang ingin diubah.

Jika anda ingin mengubah semua dimensi, anda dapat memilih semua objek yang ada. AutoCAD secara otomatis akan memfilter objek yang bukan dimensi.