Membuat Animasi di Inventor Studio

Animasi juga merupakan bentuk presentasi yang digunakan dalam berbagai industri. Jika still image dari hasil rendering dapat digunakan untuk brosur, video animasi juga dapat digunakan untuk presentasi. Dan dapat menjelaskan bagaimana assembly anda bekerja. Inventor studio, dapat digunakan untuk keperluan ini. Kita akan meneruskan tutorial Inventor sebelumnya, yang anda gunakan untuk rendering still image.

Inventor Studio memiliki kemampuan rendering yang cukup lengkap. Anda dapat membuat animasi assembly mulai dari component, fade, constraint, parameters, positional representation, camera, dan lights.

animate tools.jpg

Pada dasarnya cara penggunaannya sama. Kita akan mencoba membuat animasi dari constraint lebih dulu.

Sekarang pastikan bahwa anda bekerja di assembly. Periksalah dari menu Inventor, application>assembly. Perhatikan pada tree di project browser. Klik tanda (+) di sebelah part bore:1. Cari constraint dengan nama DRIVE ME (0.00 deg). Klik kanan di constraint tersebut, dan pastikan suppress nonaktif.

tree.jpg

Kembalilah ke Inventor Studio. Klik animate constraint.

Pilihlah constraint DRIVE ME pada tree, dan berikan besar perputaran dari 0 sampai 359 derajat. Lalu isikan pada time, end menjadi 3 detik. Anda dapat menggunakan nilai lain jika anda mau. Klik OK.

Pada panel timeline yang terbuka klik expand expand.jpg. Perhatikan pada animation timeline sekarang terdapat constraint tersebut.

Ujilah apakah animasi sudah berjalan dengan baik. Klik go to start, dan klik play. Mudah saja bukan?

Sekarang kita akan coba buat satu tipe animasi lagi. Klik animate fade.

Pilih bore sebagai komponen yang akan dibuat transparan. Buat dari 100% sampai 0%. Anda akan melihat fade ditambahkan pada animation timeline.

Anda dapat mencoba menambahkan beberapa jenis animasi lagi, dan mengubah parameter berbagai defenisi animasi sebelumnya. Mungkin anda butuh beberapa kali trial n error. Anda mungkin perlu mendefenisikan panjang animasi pada animation option. Just try to play a bit.

Setelah selesai, klik render animation. Ini hasil animasi yang dibuat pada tutorial ini.

[googlevideo]http://video.google.com/videoplay?docid=5353817425394644417[/googlevideo]