Membetulkan Arrowhead pada Dimensi Gambar Isometric

Dalam penggambaran isometric (gambar 3D tapi dalam ruang 2D) terutama untuk gambar piping sangatlah diperlukan ukuran atau dimensinya. Untuk membuat style dimensi isometric ini sudah ada dibahas di tentangcad.com, namun menurut saya masih kurang sempurna, yaitu mengenai tampakan simbol Arrowhead-nya yang belum benar. Maksudnya belum benar karena bentukan tidak memperlihatkan tampak isometric atau perspektif. Contohnya untuk bentuk panah atau “closed filled”:

Yang biasa kita jumpai adalah seperti bentuk ini:

default arrowhead.jpg

Namun yang seharusnya adalah seperti ini:

custom arrowhead.jpg

Bagaimana caranya?

Sangatlah mudah, Yaitu dengan membuat sendiri bentuk Arrowhead-nya (dalam bentuk Block) yang sesuai dengan tampakan isometric / perspektifnya, sbb:

  1. Buatlah gambar Arrowhead-nya.
    Bila bentuk Arrowhead-nya memiliki bentuk teratur dengan centerpoint ditengah (contoh bulatan, kotak, dll) cukup membuat satu gambar saja karena dapat dipakai untuk bagian kiri dan kanan dimensi. Tapi bila tidak teratur (contoh panah, dll) harus dibuat dua macam.
  2. your custom arrowhead.jpg
  3. Buatlah Block untuk setiap gambar tersebut.
  4. Buatlah Dimension Style untuk gambar isometric dengan menggunakan Arrowhead dengan style “user arrow” kemudian pilih nama Block-nya.
  5. Atau, pada saat membuat dimensi, pada window propertiesnya gantilah Arrowhead-nya dengan “user arrow” kemudian pilih nama Block-nya.

Selanjutnya cobalah buat untuk bentuk simbol Arrowhead yang lain.

Selamat mencoba.

——————————

Catatan:

Pither Rukka adalah lulusan S1 Teknik Sipil pada Universitas Hasanuddin tahun 1997, telah menggunakan AutoCAD sejak tahun 1995. Mulai bekerja sebagai Designer tahun 1997 di beberapa perusahaan kontraktor dan sejak tahun 2003 sampai saat ini bekerja di perusahaan pertambangan, PT INCO Sorowako, sekarang sebagai Senior Civil-Mechanical Designer. Penulis juga pernah bekerja menggunakan beberapa software CAD lain seperti ArchiCAD, MapCAD, Solid Works, Graitec, Autodesk Civil 3D, AutoCAD Mech’Q. Sejak dua tahun lalu mulai aktif mempelajari AutoLISP.

Penulis dapat dikontak di: Pither [dot] Rukka [at] valeinco [dot] com

Trackbacks