Membetulkan Arrowhead pada Dimensi Gambar Isometric

Dalam penggambaran isometric (gambar 3D tapi dalam ruang 2D) terutama untuk gambar piping sangatlah diperlukan ukuran atau dimensinya. Untuk membuat style dimensi isometric ini sudah ada dibahas di tentangcad.com, namun menurut saya masih kurang sempurna, yaitu mengenai tampakan simbol Arrowhead-nya yang belum benar. Maksudnya belum benar karena bentukan tidak memperlihatkan tampak isometric atau perspektif. Contohnya untuk bentuk panah atau “closed filled”:

Yang biasa kita jumpai adalah seperti bentuk ini:

default arrowhead.jpg

Namun yang seharusnya adalah seperti ini:

custom arrowhead.jpg

Bagaimana caranya?

Sangatlah mudah, Yaitu dengan membuat sendiri bentuk Arrowhead-nya (dalam bentuk Block) yang sesuai dengan tampakan isometric / perspektifnya, sbb:

  1. Buatlah gambar Arrowhead-nya.
    Bila bentuk Arrowhead-nya memiliki bentuk teratur dengan centerpoint ditengah (contoh bulatan, kotak, dll) cukup membuat satu gambar saja karena dapat dipakai untuk bagian kiri dan kanan dimensi. Tapi bila tidak teratur (contoh panah, dll) harus dibuat dua macam.
  2. your custom arrowhead.jpg
  3. Buatlah Block untuk setiap gambar tersebut.
  4. Buatlah Dimension Style untuk gambar isometric dengan menggunakan Arrowhead dengan style “user arrow” kemudian pilih nama Block-nya.
  5. Atau, pada saat membuat dimensi, pada window propertiesnya gantilah Arrowhead-nya dengan “user arrow” kemudian pilih nama Block-nya.

Selanjutnya cobalah buat untuk bentuk simbol Arrowhead yang lain.

Selamat mencoba.

——————————

Catatan:

Pither Rukka adalah lulusan S1 Teknik Sipil pada Universitas Hasanuddin tahun 1997, telah menggunakan AutoCAD sejak tahun 1995. Mulai bekerja sebagai Designer tahun 1997 di beberapa perusahaan kontraktor dan sejak tahun 2003 sampai saat ini bekerja di perusahaan pertambangan, PT INCO Sorowako, sekarang sebagai Senior Civil-Mechanical Designer. Penulis juga pernah bekerja menggunakan beberapa software CAD lain seperti ArchiCAD, MapCAD, Solid Works, Graitec, Autodesk Civil 3D, AutoCAD Mech’Q. Sejak dua tahun lalu mulai aktif mempelajari AutoLISP.

Penulis dapat dikontak di: Pither [dot] Rukka [at] valeinco [dot] com

  • missing scale

    Pak, kalo gambar pipa isometriknya itu pake 3D atau 2D isometrik?
    Terus dimensinya iru real atau override?
    terima kasih.

  • http://tentangcad.com Edo

    To Missing scale:
    Itu untuk 2D isometrik. Dimensinya real/override bisa dilakukan dua2nya. Toh kalau diagram gak harus selalu dengan ukuran sebenarnya :) Ini melanjutkan tulisan saya di sini:
    http://tentangcad.com/2008/04/autocad-isometric-text-dan-dimension/

  • aulia syahputra

    maaf klw saya boleh komentar sedikitttt aja….
    pada dimension isometric standard piping, angka 3 nya tidak dalam posisi seperti gambar di atas..tetapi posisi tegak (90 derajat)
    itu aja….hehehe

  • Pither Rukka

    Kalau pada posisi dimensi tidur Arrowhead yang untuk sebelah kiri menjadi sebelah kanan pada posisi tegak dan sebaliknya. Begitu pula pada posisi lainnya, tinggal mengganti-ganti saja antara kedua arrowhead-nya yang dalam bentuk block tsb.

    PR

  • tayosi

    Pak, klo saya ingin mempelajari drafter piping harus mulai dari mana ?, standard2 apa saja yang harus saya ketahui dan kalo tidak merepotkan, mohon di kiriim sample gambar piping (mulai dari design sampai shop dwg).

    Sebagai informasi saya sedikit banyaknya sudah memakai autocad hanya sebagai drafter mechanical dan struktur.

    Terima kasih.

  • tayosi

    o iya, untuk piping ini saya sangat tertarik dengan bidang oil and gas

  • tedy

    klo proses miror ma rotatenya gmna ya? soale ane coba kok hasilnya ga sesuai ya. thnx

    • Pither Rukka

      Untuk dimensi isometric kalau di mirorr atau di rotate hasilnya memang tidak seperti gambar dalam grid rectangular. Disini anda harus membuat dimensi untuk setiap arah XYZ (ruang 2D). Untuk membuat banyak dimensinya dapat dengan men-copy dan Match properties.
      Saya punya file nya namun sepertinya ga bisa ada posting attachment di sini, hubungi saya: Pither.Rukka@valeinco.com

  • Ananda

    Bagaimana ya cara mudah untuk membuat program AutoLISP pada AutoCAD?terutama dalam mempermudah untuk proses penggambaran suatu bentangan dari bentuk?

  • Pingback: Isometric Dimension Arrow | CAD Notes

  • Andi_24th

    wakok seneng yang repot ya kl coba pakai goglescethup gmn ya?