Bekerja dengan format file AutoCAD yang berbeda

AutoCAD punya penyakit yang cukup menyebalkan: perubahan format file yang terlalu cepat. Versi yang dikeluarkan setiap tahun juga menyebabkan anda mungkin harus sering upgrade. Jika anda bekerja dengan pihak lain, anda harus mempertimbangkan pula versi yang mereka pakai. Perbedaan format file ini cukup mengganggu jika anda menggunakan beberapa versi yang berbeda. Cara-cara ini mungkin dapat membantu.

Cara yang mungkin anda lakukan adalah:

  1. Mengupgrade semua AutoCAD anda ke versi AutoCAD terakhir yang stabil. Ingat, yang stabil. Bukan terakhir. Saat AutoCAD pertama kali dirilis, masih banyak bug yang lolos. Beberapa bulan setelahnya, Autodesk akan merilis hotfix dan service pack. Yang menjadi masalah di sini adalah biaya (tentu saja).
  2. Semua diinstall ke versi AutoCAD lama. Secara teknis anda dapat mundur sampai 3 versi jika anda menggunakan software legal. Hanya saja ini menjadi masalah jika anda bekerja dengan pihak/perusahaan lain. Kecuali jika anda owner, rasanya hampir tidak mungkin anda meminta semua pihak yang bekerja sama dengan anda untuk downgrade.
  3. Men-save as semua file ke versi AutoCAD paling lama yang anda miliki. Anda mungkin akan kehilangan fungsionalitas AutoCAD baru dengan alternatif ini.

Untuk alternatif 1 dan 2, itu adalah masalah internal anda. Saya tidak dapat membantu memberikan tips cara melaksanakannya. Namun jika anda memutuskan menggunakan alternatif 3, berikut tipsnya.

Pertama, anda harus mengatur semua AutoCAD yang anda miliki untuk secara default menyimpan ke versi file lama. Jika versi paling tua yang anda miliki adalah 2004, buat defaultnya ke versi 2004.

Kedua, jika anda memiliki banyak file yag sudah terlanjur dikerjakan dalam format baru, batch convert ke versi lama. Terutama jika anda menerima file dari perusahaan lain. Autodesk memiliki satu tool yang sangat berguna untuk tujuan ini. Yaitu TrueView. Yup, TrueView tidak hanya dapat digunakan untuk dwg viewer, tapi dapat digunakan untuk batch convert. Anda dapat menconvert per-file, sampai per-folder.

dwg convert.jpg

Idealnya tentu anda menggunakan versi terbaru lengkap dengan fungsionalitasnya. Namun kadang hal ini tidak dapat dihindari.







  • ardi prasetyo

    setubuh kang Edo, kl saya kadang jg tak save k PDF ato JPEG, sapa tau si klien g punya sopwer CAD…heheh

  • Adityaw

    Ada tidak ya soft converter file cad 2009 agar bisa dibuka di cad versi bawahnya (2008,2007,2006,20004), jika kasusnya soft cad 2009 sudah terlanjur rusak / uninstall dan yang ada hanya soft cad 2006.
    thanks

    • Edo

      Pake TrueView Pak. Dibahas di tulisan di atas. Coba baca lagi lebih teliti…

      • Adityaw

        terimakasih ini saya sedang mencoba, saya juga tertarik dengan cdnya masih ada stock? domisili saya di semarang

  • ast

    hi Edo,
    ini salah!!

    Dari dulu AutoCAD selalu memiliki format autosave release!
    coba jalankan command OPTIONS > tab Open and Save, disitu ada versi autocad yang bisa dipilih.
    jadi sekalipun aku pakai 2009, autosavenya bisa ke 2004 yang berarti semua software dari 2004 keatas bisa buka file yang aku buat di 2009.

    TIDAK PERLU OPEN AND SAVE KE CURRENT RELEASE AUTOCAD!!

    • Edo

      Untuk save as secara default ke versi lama, sudah pernah di bahas juga di sini: http://tentangcad.com/2007/11/menetapkan-versi-dwg-default-saat-save/
      True Convert digunakan hanya jika kita tidak punya AutoCAD versi baru, namun ingin ‘batch convert’ ke versi yang kita miliki.
      Mohon dibaca teliti sebelum berkomentar, jangan sampai membingungkan pembaca lain.

    • Edo

      To all: Ast sudah berdiskusi dengan saya via Y!M. Dan rekan Ast sudah mengakui bahwa dia kurang teliti membaca tulisan ini. Dengan demikian sebagai koreksi, artikel ini tidak salah seperti yang disebutkan sebelumnya.
      Kami mempersilahkan semua pengunjung situs ini untuk berdiskusi. Namun jangan hanya skimming dan memberikan komentar yang membingungkan. Jika memang salah, tentu akan kami koreksi.

  • Pingback: Auto CAD 2010 « My Info Komputer()

  • Hamka_daniel

    pak Edo..saya msh pemula dgn autocad. Tapi saya pingin tahu cara memulai gbr 3D..tolong tutorialx dong..ataukah ada orderan CD tutorial yg brbahasa Indonesia. thanks b4

    • sudah simak semua tutorial yg 3D disini? mas hamka mau gbr 3D apa? mgk tertarik dgn layanan baru TC, bahwa kami menyediakan tidak hanya tutorial bertext & bergambar yang kadang msh ada org yg kesulitan, sekarang juga tersedia TUTORIAL VIDEO, ada narasi dan gambar!! semua langkah terekam jd tinggal ikuti saja. krn bentuknya film bisa diputar berulang-ulang.. ditunggu :)

      • hamka

        tolong info ke email saya.. utk cara pemesananya.. thx

        • Sugeng Marjono

          Delivery to the following recipient failed permanently:

               hamka_rupixx@xxxxx.xx.xx

          Silahkan hubungi saya di:
          sugeng.marjono@solusicad.com atau
          0856 9278 7278

  • DAFFY

    PAK KELIATANNYA KURANG SAYA MENGERTI UNTUK CARA CONVERTNYA TOLONG DONG LEBIH DETIL PENJELASANNYA

  • salsa

    maaf saya mau nanya, saya punya autocad 2006, dan membuat gambar disana, tapi ketika mengeprint di toko,mereka mempunyai autocad 2010 seusai diprint saya ‘save’ namun ketika ingin mengedit gambar nya dilaptop tidak bisa dibuka, bagaimana yaa cara nya membuka file 2010 di file 2006 ? thx

  • frans

    mas edo, saya punya gambar 3D autocad 2010 format dwg, bagaimana caranya merobah ke format stl?