Review tutorial, Dari Layer sampai Komponen Bangunan

Sebetulnya langkah berikutnya yang perlu anda lakukan bisa dikatakan overlap dengan tulisan mengenai penggunaan template. Cara penggunaannya sama. Satu-satunya perbedaan mungkin di dinding. Mungkin ada yang sudah mencoba membuat dynamic block. Tapi jika tidak, jangan khawatir. Anda dapat menggunakan STRETCH untuk mengubah ukuran dinding.

Sekarang kita coba review apa yang telah dilakukan sebelum tutorial ini.

Anda telah mempersiapkan layer yang akan digunakan untuk membedakan objek-objek yang akan anda gambar. Anda juga telah membuat grid-grid yang akan digunakan sebagai panduan untuk membuat objek arsitektur.

Anda kemudian mempersiapkan beberapa objek kolom dan membuatnya menjadi block. Dengan mendefenisikan objek-objek tersebut sebagai block, anda dapat membuatnya sebagai objek tunggal dan dapat digunakan kembali sebagai library.

Anda juga telah meletakkan kolom-kolom ini pada grid-grid bangunan sebagai block. Anda juga mempelajari bagaimana melakukan proses editing pada block, dan melihat apa keuntungan block.

Terakhir, anda telah membuat elemen-elemen bangunan lain. Seperti dinding bata, dinding trassram, pintu dan jendela. Untuk pintu dan jendela juga anda buat menjadi block.

Langkah terakhir yang dapat anda lakukan untuk menyelesaikan bangunan ini adalah menyusun objek-objek tersebut. Sederhana saja. Seperti bermain lego. Anda dapat coba review penggunaan template jika anda ragu. Silahkan coba bereksperimen sendiri dengan desain anda untuk menyelesaikannya.

Yang ingin saya tekankan adalah, setiap disiplin ilmu dapat memanfaatkan banyak cara agar lebih produktif. Langkah kerja yang anda lakukan juga dapat mempengaruhi kemudahan dalam menggambar. Dalam contoh ini, bidang arsitektur, anda tidak perlu menggambar setiap garis yang ada. Anda dapat membuat bentuk objek tipikal dan menggunakannya berkali-kali. Sekali lagi saya tekankan, tools AutoCAD mudah dipelajari. Anda dapat mencobanya sendiri setiap tools yang ada dengan mengikuti panduan yang diberikan. Namun menggunakan AutoCAD sekedarnya, seperti menggunakan meja gambar, rasanya tidak akan terlalu produktif.

Di bagian berikutnya, kita akan mencoba membahas mengenai anotasi. Silahkan anda selesaikan bangunan anda, dan diskusikan jika ada kesulitan.

  • M.Natsir

    Dengan hormat.

    Saya mau naya, perna dapat kasus ukuran 2 dlm AutoCad bisa ngeling(berhubungan) dengan Excel.
    hubungannya timbal balik. Contohnya : apabila data di excel dirubah otomatis data diCadnya ikut berubah. Itu pakai program apaya .

    • agung kusumawardhani

      saya pemula,yang ingin cepat bsa program
      ini,ada cara yng tepat untuk saya untuk dapat dan lebih memahami program ini?