Mengenal Design Option

Dalam melakukan design, seringkali kita membutuhkan beberapa alternatif desain. Dalam alternatif tersebut, bentuk desain anda dapat mirip, dan hanya pada beberapa bagian berbeda. Entah pada plan atau tampaknya. Revit memiliki satu feature untuk ini, yaitu design option.

Secara default, icon design option tidak ditampilkan. Untuk menampilkan toolbar design option, klik kanan pada toolbar, pilih design option.

design option.jpg

Anda akan melihat pada toolbar tambahan tools ini. Baru satu tombol yang dapat anda klik, karena anda belum mendefenisikan option apapun.

design option toolbar.jpg

Bukalah sebuah file. Anda dapat menggunakan file yang anda buat pada seri tutorial Revit.

Kita akan membuat 2 option set pada bangunan ini. Kita akan membuat alternatif desain untuk balkon di depan dan belakang.

alternatif balkon.jpg

Sekarang klik icon design option… Anda akan melihat dialog seperti ini.

Perhatikan bahwa ada tiga kelompok tools di kanan dialog ini. Edit, Option Set, dan Option. Option set digunakan untuk menunjukkan bagian mana yang akan anda buat alternatifnya. Misalkan untuk alternatif lobby, alternatif ruang meeting, dst. Sementara option adalah alternatif 1, 2, dan 3 di bagian tersebut.

Klik new pada bagian option set. Pada dialog ini akan muncul Option Set1. Klik pada Option Set 1 dan klik rename. Berikan nama balkon depan.

option set.jpg

Revit akan menambahkan tree Option Set 1, dan Option 1 (primary). Sekarang klik New pada bagian option. Tutup dialog ini.

Sekarang kita akan mengubah dulu denah lantai 1. Buka denah lantai 1, pilih lantai/floor anda dan klik edit. Ubahlah floor anda menjadi seperti berikut.

edit floor.jpg

Idenya adalah lantai yang akan berubah adalah hanya lantai di teras balkon. Sehingga kita pisahkan kedua lantai balkon. Klik finish. Klik OK untuk mengabaikan peringatan yang muncul.

Perhatikan di kedua balkon tersebut masih terdapat railing. Kita akan memindahkan railing itu pada design option. Pastikan tool modify aktif, jika belum tekan esc beberapa kali sampai pointer menunjukkan mode modify. Pilih railing di balkon depan. Perhatikan tool add to design option set sekarang aktif. Klik tool tersebut. Pada dialog yang terbuka, pastikan hanya option 1 (primary) yang aktif. Klik OK.

add selection.jpg

Sekarang klik Edit Option>balkon depan: Option 1 (primary)

edit primary.jpg

Perhatikan sekarang bahwa semua elemen kecuali railing akan tampak abu-abu. Artinya hanya railing yang dapat kita edit. Karena sebelumnya kita telah memindahkan railing tersebut ke design option.

Sekarang kita akan menambahkan lantai untuk option 1 ini. Tambahkan lantai teras sesuai bentuk sebelumnya. Kali ini berikan offset -30. Ya, lantai teras ini kita buat lebih rendah 3 cm, sesuai kondisi yang umum di lapangan. Setelah selesai, seperti biasa, klik finish sketch. Klik edit option untuk menonaktifkan option.

Sekarang anda sudah punya satu alternatif desain balkon. Sekarang kita akan buat satu alternatif lain. Dengan cara yang sama, klik Edit Option, dan pilih Balkon Depan: Option 2.

Perhatikan sekarang anda kembali melihat desain anda berwarna abu-abu. Kali ini tanpa railing. Karena railing adanya di Option 1.

Buatlah kembali floor, dan tambahkan railing. Gunakan imajinasi dan desain anda sendiri, buat dengan bentuk yang berbeda dari Option 1.

Sekarang anda telah punya 2 option!

options.jpg

Anda dapat menunjukkan pada client anda kedua option ini dengan mengklik Edit Option, dan mengarahkannya ke option yang anda inginkan. Perhatikan bahwa desain yang tampak jika design option dimatikan adalah option dengan label primary saja. Jika client anda sudah menyatakan puas dengan salah satu option, anda dapat menjadikan option tersebut sebagai primary, agar selalu tampak meski design option tidak diaktifkan.