Mengupdate Defenisi Block

Defenisi block sebetulnya akan diupdate secara otomatis jika anda membuat block baru dengan nama sama. Namun pertanyaan ini muncul di forum, jika block diinsert sebagai reference, dan file asli diubah, kenapa saat diinsert ulang defenisi block tidak berubah? Jawabannya sederhana, karena nama file yang diinsert sudah muncul sebagai defenisi block, dan jika diinsert ulang tetap dianggap sebagai defenisi block yang sama. Berikut cara mengupdate defenisi block ini.

Sebelum saya lanjutkan. Untuk overlay, cara terbaik adalah menggunakan external reference, bukan block. Karena sifat dasar block adalah sebagai library, sementara Xref digunakan sebagai overlay. Hal ini pernah dibahas di sini.

Cara termudah untuk mengupdate defenisi block adalah melalui design center. Ada dua kasus yang mungkin terjadi jika anda menginsert file sebagai block:

  1. Jika anda insert sebuah file sebagai block, maka nama file itu akan menjadi nama block. Jika ada defenisi block lain di dalam file tersebut, maka akan menjadi nested block (block di dalam block). Yang harus anda update adalah filenya. Tekan [ctrl] + 2 untuk membuka design center. Browse ke lokasi file, klik kanan pilih insert as block.

    insert as block.jpg

    Kotak dialog insert block akan terbuka seperti jika anda membukanya dengan cara biasa. Entah mengetikkan INSERT atau melalui menubar. Yang membedakan adalah AutoCAD akan meminta konfirmasi anda untuk mendefenisikan ulang block. Pilih YES, dan semua block yang punya nama sama DENGAN NAMA FILE akan diupdate.

    update defenition.jpg

    Insert blocknya, dan hapus lagi jika anda tidak membutuhkannya. Proses insert ini hanya untuk update defenisi block.
  2. Jika anda menginsert sebuah file yang memuat block, lalu mengexplode block tersebut, maka defenisi block yang harus anda ubah adalah blocknya. Bukan filenya. Ini relatif lebih mudah.

    redefine block.jpg
    Browse pada kelompok blocks, cari nama block yang ingin anda update. Klik kanan dan pilih redefine only.

Meski cara ini bagi saya bukan cara yang direkomendasikan, menggunakan block sebagai overlay, namun mungkin anda membutuhkannya. Hope this helps ;)