Menggunakan RPC di Revit Architecture

Salah satu tipe library yang dapat digunakan di Revit Architecture 2009 adalah RPC (rich photographic content). Anda dapat memasukkan orang, mobil, tanaman, dan berbagai jenis library lainnya dengan RPC ini. Namun untuk menggunakannya, anda tidak dapat langsung mengkopi file RPC begitu saja ke komputer anda. Berikut cara yang dapat anda lakukan.

Pertama, anda harus menginstall ArchVision Content Manager (ACM). Program ini dapat anda download di situs ArchVision.

Kedua, kopikan file-file RPC yang anda miliki ke komputer anda. Letakkan dalam folder yang anda inginkan. Misalkan d:\library\RPC

Jalankan aplikasi ACM. Perhatikan pada tab Content. Seharusnya isi dari RPC yang anda kopikan sudah dideteksi oleh ACM. Jika belum, klik tab paths.

Jika di sini belum tampak folder RPC anda, tambahkan folder lokasi RPC dengan mengklik start manual scan. Anda dapat pula mengklik kanan pada area kosong di daftar path. Browse ke folder anda dan klik use path. Tutup ACM. Anda seharusnya dapat melihat icon ACM pada taskbar Windows.

taskbar.jpg

Sampai di sini, anda telah selesai mengatur ACM. Namun RPC ini tidak secara otomatis dibuat librarynya di Revit. Anda harus mendefenisikan familynya lebih dulu.

Sekarang bukalah Revit. Untuk membuat library baru, klik file>new>family… Pilihlah template Metric RPC Family.rft.

Klik family types pada design bar.

family types.jpg

Dan klik render appearance di dialog yang terbuka kemudian.

rpc type.jpg

Seharusnya RPC anda sudah muncul di sini. Pilihlah tipe RPC yang anda inginkan. Klik OK. Perhatikan bahwa bentuk RPC anda sudah berubah pada model anda.

rpc model.jpg

Simpanlah family ini pada harddisk anda. Lakukan hal yang sama untuk RPC lainnya.