Mengenal Pro Engineer

Mengenal menu pada Pro Engineer

Pada ProE terdapat berbagai macam pilihan menu yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Pada kesempatan ini kita terlebih dahulu membahas tentang sketch. Sketch dapat difungsikan sebagai kerangka dasar penggambaran dan merupakan langkah awal untuk memahami pembuatan part dalam proe.

Adapun langkah-langkah untuk mengenal sketch sebagai berikut :

  1. Pilih sketch pada menu yang tampak seperti gbr.2, masukan nama sesuai dengan kebutuhan kemudian klik OK.
  2. Pilih sketch ? coordinate system. Kemudian letakan coordinate sesuai dengan posisi yang diingkan. Lalu cobalah untuk membuat garis centerline dengan mengklik sketch ? center line untuk posis vertikal. Lalu lanjutkan proses yang sama untuk membentuk garis horizontal. Hal ini akan sangat membantu proses pengeditan menggunakan constrain.
  3. Buatlah sebuah kotak dengan mengklik icon rectangle_icon.jpg, letakan kira-kira berada di tengah coordinate system yang sudah dibuat. Kemudian lakukan pengeditan menggunakan constrain. Klik sketch ? constrain. Sebelum melangkah lebih lanjut ada baiknya kita mengenal fungsi constrain terlebih dahulu.
    Constrain
    proe_constraint.jpg
    fungsi constrain sangat membantu dalam peletakan dan pengeditan geometry. Kita dapat melakukan pengeditan seperti bentuk garis yang berposisi vertikal, horizontal, tegak lurus, tangent, peletekan point, simetris, bentuk geometry yang sama antara satu dengan lainnya dan paralel.
    Perhatiankan gbr.3 letakan cursor menuju menu perhatikanlah alert (kotak petunjuk) masing fungsi dari constrain. Lakukanlah hal tersebut pada setiap icon yang terdapat pada menu untuk mengetahui nama masing-masing fungsi. Pada kesempatan ini kita tidak membahas fungsi constrain secara detail dikarenakan dengan banyaknya latihan akan mengetahui fungsi tersebut dengan sendirinya. (perhatikanlah tanda-tanda pada gbr.4)
  4. Lakukanlah proses pengeditan menggunakan constrain. Perhatikan perintah yang ada pada prompt area hal ini sangat membantu sekali untuk memahami masing-masing fungsi dari constrain itu sendri. Perhatikan gbr.4.
  5. Hal lain yang harus diperhatikan dalam proe yaitu untuk mengakhiri sebuah perintah kita mengklik tombol tengah mouse/middle mouse button (MMB).

Untuk sementara sampai disini dulu pembahasan kita pada kali ini. Insya ALLAH akan dilanjutkan pada lain kesempatan :) :) :).

  • reo

    Mo nanya spesifikasi buat Pro E minimumnya berapa? Punya saya RAM 1Giga, VGA 128 kalau masuk sketch terkadang gambar berkedip. Tolong di bahas tentang assembly dong,

  • rizky

    mau cari buku belajar pro engineering untuk pemula
    dimana saya bisa beli dan harganya berapa

  • udaaf

    Ane punya 2 buku tua tentang pro e dalam bahasa inggris yang mau dilelang. Kalo minat silahkan hubungi via japri

  • daus

    klo tak liat2……pro e kok kayak solidwork ya……

  • fendi

    beli buku tutorial pro engineer di mana ya….?mohon infonya trim,s….