Membuat AutoCAD Pattern Sendiri

Anda pernah ingin untuk membuat pattern sendiri untuk hatch anda? Sebetulnya pattern banyak tersedia untuk didowload gratis di internet. Namun kadang masih terasa belum memadai. Bagi anda yang menginstall express tools, juga sudah tersedia SUPERHATCH yang dapat menggunakan block sebagai pattern. Tapi banyak yang mengeluhkan bahwa menggunakan superhatch membuat performa AutoCAD menurun, dan jadi tersendat-sendat.

superhatch dialog.jpg

Jika dua cara itu masih belum memadai, kebutuhan untuk membuat hatch sendiri mungkin masih timbul. Di sini kita akan bahas sedikit dasar-dasar membuat hatch pattern sendiri.

Pattern file adalah text file. Anda dapat membuka file pattern dan mengeditnya dengan notepad. Jangan lupa untuk memberi extension .pat.

Kalau anda membuat file pattern sendiri kira-kira isinya akan seperti ini:

pattern file.jpg

Satu-satu dulu.

  1. Deskripsi hatch file. Deskripsi ini tidak harus ada. Dapat anda tambahkan agar jika ada yang membukanya kelak dapat membaca siapa yang membuat, atau keterangan lainnya.
  2. Nama Pattern. Cukup Jelas. Berikan nama yang mudah dikenali dan tidak terlalu panjang.
  3. Desc. Deskripsi untuk pattern. Kalau anda mengedit file acad.pat, sebaiknya anda memberikan deskripsi yang jelas. Jika tidak, ini juga tidak harus diisi.
  4. Nama File. Jika anda membuat custom pattern, nama file HARUS sama dengan nama pattern. Jika tidak, saat loading pattern akan error.

Pola pattern di atas akan menampilkan pattern seperti ini. Gambar ini didefenisikan oleh baris ke-4.

Formatnya adalah sebagai berikut:

angle, x origin, y origin, x offset, y offset, dash1, dash2 (dash tidak perlu ditulis jika garis anda menerus)

pattern result.jpg

Tidak sulit bukan? Yang menjadi masalah adalah jika anda memiliki pattern yang kompleks, terdiri dari beberapa garis, anda harus mendefenisikan garisnya satu-persatu.

Misalkan saya tambahkan satu baris lagi:

; Latihan Hatch Pattern

*GARIS, Hatch Garis-garis
30, 0,0, 0,8, 8,-8
120, 6.9282,4, 16,16, 8,-8

Hasilnya akan menjadi seperti ini:

pattern2.jpg

Garis kedua dibuat dengan sudut 120 derajat (tegak lurus dengan garis sebelumnya), dimulai dari origin 6.9282,4 (awal dari akhir garis sebelumnya). Untuk origin tidak ada cara yang mudah untuk menghitungnya jika anda membuat garis miring. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah mengexplode hatch sebelumnya dan mengukur originnya.

Lalu offset ke arah X (setelah diputar 120 derajat) 16 unit, ke arah Y 16 unit. Sementara panjang dash tetap 8 unit. Jika anda masih ingin menambahkan garis lagi, dapat menambahkan satu baris lagi dengan cara yang sama.

Technorati : ,