AutoCAD Startup Dialog

Anda pengguna senior AutoCAD? Masih ingat kotak dialog startup ini?

startup dialog.jpg

Saya tidak ingat persis kapan kotak dialog ini dimatikan secara default oleh Autodesk. Tapi kotak dialog ini dulu muncul setiap anda membuka AutoCAD atau membuat file baru. Saya sendiri menyukai dialog startup ini, meski banyak yang saya lihat menonaktifkannya. Di dialog ini kita dapat membuat file baru dengan menggunakan template yang didefenisikan. Tidak ‘menjebak’ seperti file baru yang otomatis terbuka seperti sekarang.

Banyak user pemula yang tidak tahu dia menggunakan standard imperial/metric. Dan mungkin akan mengalami masalah saat mengubah linetype scale, skala hatch, dan saat insert objek dari gambar lain. Dengan startup, sedikit banyak membantu hal ini.

Jika anda masih ingin menggunakan dialog startup (dan saya menganjurkannya), silahkan ketikkan STARTUP [enter]. Berikan nilai 1 [enter].

  • missing scale

    Mo kasih komentar ah…. boleh kan, he he he
    kalo tidak salah, Terakhir kali saya pake AutoCAD2002, kotak dialog itu secara default muncul, Tapi ketika saya mulai pake autoCAD2004 kotak dialog itu tidak secara default muncul pada sat start up.
    Sampai sekarang saya jarang membuat gambar denah dari awal, selalu saya terima gambar denah2 dari Architectural Team, kemudian saya jadikan overlay background untuk gambar2 Instalasi MEP. kalo diperiksa panjang dimensi dengan command “Distance”, panjang untuk 1 meter yang tertera pada dimensi itu menunjukan 1000. Mungkin yang digunakan adalah standard metric. Tetapi ketika saya insert block yang saya punya (dalam ukuran milimeter) ternyata block itu ukurannya menjadi berubah dan tidak proporsional. juga linetype scale dan lainnnya juga jadi gak proporsional. Setelah saya cek Drawing unitnya ternyata menggunakan inchi. Mungkin karena pada saat start up menggambar secara default autoCAD mengeset ke standard Imperial.kayaknya ada baiknya kotak dialog itu di aktifkan pada start up, untuk mengingatkan mau pake imperial atau metric, biar kagak lupa he he he, maaf nih komentarnya kepanjangan….

  • arief

    hai guys..!
    Saya pengguna autocad 2007, suatu saat settingan pada program berubah tidak seperti settingan default pada cad2007 pada umumnya. Mungkin ini ada kaitannya sama file lsp atau ada settingan lain yang saya tidak tahu yang akhirnya membuat saya menjadi tidak nyaman dalam menggunakan program tsb. Mungkin ada yang tahu mengenai hal ini dan bagaimana caranya untuk mengembalikan ke settingan default cad2007 seperti sebelumnya, untuk infonya thank’s ya !