Revit Artificial Light

Pada bagian yang lalu, saya membahas bagaimana mendefenisikan cahaya matahari, dan melakukan solar study. Di bagian ini, akan dibahas bagaimana mendefenisikan cahaya buatan atau artificial light. Yang dimaksud dengan artificial light adalah lampu, baik pada ceiling, wall, atau floor.

Pada dasarnya, mendefenisikan lighting di Revit sangat mudah. Anda ingin meletakkan dua lampu TL di ruangan anda? Anda cukup meletakkan dua komponen lampu TL. Tidak perlu mengatur intensitas cahaya lagi. Lighting di Revit telah menggunakan IES atau photometric lights. Atau ada juga yang menyebutnya sebagai weblight.

Bagaimana meletakkan lampu? Anda dapat menggunakan component pada basic TAB atau modeling TAB di design bar. Setelah aktif, cobalah klik load pada option bar.

lighting fixtures.jpg

Cobalah buka folder lighting fixtures. Perhatikan bahwa di sini terdapat banyak jenis lighting yang dapat anda gunakan. Ada beberapa jenis host. Ceiling, wall, atau floor. Pilihlah yang paling sesuai. Jika anda ingin meletakkannya pada ceiling, pilihlah ceiling light. Jika anda ingin menggunakan lampu dinding, pilihlah wall lamp. Ceiling light akan menempel pada ceiling. Jika anda belum mendefenisikan ceiling, defenisikanlah sekarang. Dan coba letakkan lagi ceiling lamp.

Cobalah pilih salah satu wall lamp. Klik properties. Klik edit/new untuk melihat type properties.

Ada dua properti yang perlu anda perhatikan.

Pertama ketinggian lampu. Jika anda menggunakan wall lamp, downlight, atau table lamp, anda mungkin harus mengatur tinggi lampu ini. Umumnya untuk ceiling dan floor anda tidak perlu melakukan apa-apa lagi. Otomatis menempel pada host.

dimension.jpg

Kedua, adalah properti dari photometric light. Properti ini menyebabkan lighting akan disimulasikan secara mendekati real. Jika anda punya data IES dari lampu phillips misalnya, anda dapat menggunakannya, dan saat dirender, efeknya akan tampak seperti kondisi sebenarnya. Well, paling tidak mendekati.

photometrics.jpg

Letakkanlah semua artificial light yang anda butuhkan. Kita akan mencoba merendernya di tutorial berikutnya. Gunakan file dari seri tutorial yang ada jika anda tidak ingin membuat file sendiri.

  • http://google Ade

    Lagih nyoba teyuus…!
    Makasiih pencerahannya…semoga berkah!!!