Perintah Intersect untuk Solid Editing pada AutoCAD

Beberapa hari yang lalu seorang teman pengguna AutoCAD bertanya mengenai solid editing pada AutoCAD. Objek yang sudah dibuat adalah berupa model 3D roda gigi, namun belum memiliki chamfer pada tepi gigi-gigi nya.
Untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar berikut:


Gambar sebelah kiri adalah objek AutoCAD yang sudah jadi, dan gambar sebelah kanan adalah gambar yang diharapkan. Pada gambar sebelah kanan tampak adanya Chamfer pada tepi gigi-giginya. Dalam proses produksi, sebenarnya Chamfer ini dibentuk terlebih dahulu pada bahan poros yang akan dibentuk roda gigi dengan mesin bubut, kemudian dengan mesin frais (milling machine) dibentuk gigi-gigi dengan cutter sesuai module gigi yang diinginkan.
Bila model roda gigi sudah dibuat seperti gambar sebelah kiri, kita tetap bisa membuat chamfer. Disini saya lakukan cara lain yang menurut saya lebih sederhana, yaitu dengan memanfaatkan perintah INTERSECT untuk solid editing. Berikut urutannya:

Buatlah poros dengan diameter dan height yang sama dengan roda gigi lengkap dengan chamfer pada poros tersebut. Kita dapat membuatnya dengan CYLINDER kemudian membuat chamfer. Dapat pula membuatnya dengan REVOLVE penampang poros.

Letakkan model poros yang baru dibuat berimpit dengan roda model roda gigi

Gunakan perintah INTERSECT pada kedua objek. Dan hasilnya, bentuk roda gigi akan susai seperti yang diharapkan.

Dengan cara yang sama, kita juga dapat membuat chamfer kepala baut.

Semoga Bermanfaat – igun