Mengatur Cahaya Matahari di Revit

Setelah anda membuat model bangunan, anda tentu ingin merepresentasikannya dengan lebih menarik. Dan mungkin lebih realistik. Anda dapat menampilkan model bangunan anda dengan rendering yang cukup baik di Revit Architecture 2009. Jika anda cukup telaten mengatur lighting dan material, hasil renderingnya bisa mendekati hasil rendering 3ds Max. Atau mungkin melebihi, jika yang menggunakan 3ds Max tidak terlalu mahir.

Salah satu hal yang perlu diatur sebelum melakukan rendering adalah lighting. Di bagian ini kita akan coba mengintip sedikit bagaimana mendefenisikan cahaya matahari.


Defenisi Lokasi

Dari menu Revit, bukalah settings> sun and shadows settings…

sun and shadow settings.jpg

Anda akan melihat dialog seperti di atas. Perhatikan bahwa anda dapat mengatur cahaya matahari secara langsung. Hal ini kadang dilakukan untuk memperoleh efek rendering yang bagus. Arah cahaya matahari dapat anda atur agar lebih optimal.

defenisi langsung.jpg

Namun tentu akan lebih baik jika anda dapat merepresentasikan desain dalam keadaan sebenarnya. Anda dapat melihat kondisi sebenarnya, bagaimana efek cahaya matahari pada bangunan anda. Apakah arah bangunan anda telah sesuai dengan kriteria desain anda, atau tidak.

lokasi real.jpg

Klik tanda ‘…’ di sebelah place. Pilihlah lokasi kota tempat desain anda berada. Ini akan mendefenisikan arah cahaya matahari yang sesungguhnya pada desain anda. Jika perlu, atur tanggal dan waktunya. Di Indonesia, perubahan arah cahaya mungkin pengaruhnya tidak sebesar negara yang jauh dari khatulistiwa. Aturlah pada posisi yang anda inginkan.

Solar Study

Perhatikan tab pada bagian name. Anda dapat melihat still, single-day, dan multi-day.

tipe pengaturan.jpg

Single-day dan multi-day, merupakan pengaturan yang dapat anda gunakan untuk melakukan solar study secara penuh untuk satu hari, atau beberapa hari sekaligus. Kita juga akan melakukan solar study setelah pengaturan ini. Klik tab single-day. Atur sesuai keinginan anda. Pada contoh ini, lokasi proyek ada di Jakarta. Solar study untuk tanggal 7 Oktober 2008, dari matahari terbit hingga terbenam. Setiap 15 menit kondisi real image di capture. Total frame menjadi 49 frame.

singleday settings.jpg

Jika perlu, simpan pengaturan ini pada kolom di kirinya. Aktifkan shadows.

shadows on.jpg

Klik shadows sekali lagi, dan kali ini anda akan menemukan preview solar study di menu tersebut. Klik play pada option bar untuk melihat preview pada layar anda.

Anda dapat pula menyimpan hasil animated solar study ini pada file AVI, sehingga dapat anda presentasikan menggunakan PowerPoint. Hasil animasi ini dapat berupa hidden lines, shaded, sampai rendering. Jika anda punya cukup waktu luang, dan spesifikasi komputer cukup tinggi, anda mungkin ingin merendernya dengan kualitas cukup tinggi. Hasil berikut saya dapatkan dengan hidden lines.

Tentu saja, jika ada bangunan disekeliling desain anda, anda perlu memasukkannya juga. Setidak-tidaknya sebagai massa. Dan juga anda perlu melengkapi landscapenya.

Sayangnya, pada animasi di Revit, baik solar study ataupun walkthrough, ada teks keterangan frame. Tidak ada option yang dapat saya temukan untuk menonaktifkannya. Mungkin ada yang tahu?