Mengaktifkan Lisp atau AutoLISP Pada Bricscad

Bagi rekan-rekan yang biasa menggunakan AutoCAD dan terbiasa dengan menggunakan LISP atau AutoLISP dalam menggambar, akan mengalami sedikit kebingungan bagaimana mengaktifkan program LISP atau AutoLisp tersebut pada Briscad. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan mendasar antara Briscad dan AutoCAD dalam mengeksekusi file-file LISP atau AutoLisp.

Demikian juga apabila rekan-rekan menggunakan Briscad Versi terdahulu yaitu V5,6 ,7 dan versi terbaru yaitu V8,9. Pada Briscad Versi terbaru Briscad menyediakan file Support untuk penempatan file-file LISP yang nantinya akan diload secara otomatis ketika Anda menjalankan program Briscad. Berikut ini merupakan tutorial singkat bagaimana mengaktifkan file-file LISP atau AutoLISP.

Briscad V5,6 dan 7

Anda dapat mengaktifkan file LISP atau AutoLISP secara manual dan otomatis ketika menjalankan program Briscad. Pengaktifan secara manual dilakukan dengan cara meload file LISP atau AutoLISP dari Menu Tools kemudian klik Load LISP or SDS Apllication. Perhatikan gambar dibawah!

Kemudian akan muncul kotak dialog Load Application Files seperti gambar dibawah ini. Klik Add File untuk menambahkan file LISP yang akan Anda jalankan. Klik Load sehingga file tersebut dieksekusi oleh Briscad.

Pada command bar masukkan perintah berdasarkan file yang sudah Anda tambahkan tadi, Briscad akan menjalankan file tersebut secara otomatis. Dalam tutorial ini saya mencoba menambahkan file LISP dengan nama Mobil.lsp dengan perintah Mobil. Ketika saya mengetikkan perintah MOBIL pada command bar, lihat gambar!

Briscad akan mengeksekusi program tersebut secara otomatis, dan menampilkan sebuah kotak dialog yang merupakan bagian dari program mobil yang baru saja dieksekusi. Lihat gambar!

Catatan : Pemanggilan file yang baru saja dieksekusi oleh Briscad akan menghilang pula secara otomatis ketika Anda menutup jendela Aplikasi Briscad. Anda harus melakukan pemanggilan ulang perintah apabila mau menjalankan perintah yang diinginkan.

Anda akan banyak mengalami kendala apabila mempunyai file LISP atau AutoLISP yang sangat banyak dan memiliki interkoneksi dengan file LISP atau AutoLISP yang lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan penambahan sintaks pada file pemanggilan LISP atau AutoLISP pada Briscad yaitu Icad.lsp. File icad.lsp terdapat pada : C:\Program Files\Bricscad\Bricscad.

Tambahkan sintaks : (load “nama file.lsp”) pada file icad.lsp. Perhatikan gambar dibawah!

Dalam hal ini saya menambahkan file LISP atau AutoLISP dengan nama mobil.lsp. Tempatkan sintaks tersebut dibawah sintaks (load “icadbrx.lsp”).

Setelah Anda selesai melakukan pengubahan sintaks dalam file icad.lsp, kemudian simpan file tersebut.

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu mengcopy file-file LISP atau AutoLISP Anda ke folder Briscad “C:\Program Files\Bricscad\Bricscad”.

Dengan melakukan penambahan sintaks seperti diatas, Briscad akan meload setiap file LISP atau AutoLISP Anda secara otomatis setiap kali menjalakan aplikasi Briscad.

Briscad V8 dan 9

Terdapat beberapa perbedaan mendasar pemanggilan file LISP atau AutoLISP pada Briscad V8 dan 9 dengan versi sebelumnya. Pada Briscad V8 dan 9 pengguna sudah memiliki folder penyimpanan file pendukung yang terdapat pada : C:\Program Files\Bricsys\Bricscad\Support .

Pemanggilan file LISP atau AutoLISP secara manual sama dengan Briscad V6 dan 7 yaitu dengan Mengklik Menu Tools>Load Application.

Untuk melakukan pemanggilan file LISP atau AutoLISP secara otomatis Anda perlu melakukan penambahan dua buah file dengan nama : “on_start.lsp dan on_doc_load.lsp

Kedua file tersebut dapat Anda buat dengan program pengolah kata seperti Notepad atau Wordpad.

Buka program Notepad pada Start Menu Windows, kemudian Save dengan nama : on_star.lsp

Lakukan hal yang sama untuk on_doc_load.lsp.

Kedua file yang telah Anda simpan tersebut harus sudah merupakan file .lsp atau LISP.

Tempatkan kedua file tersebut pada folder : C:\Program Files\Bricsys\Bricscad\Support

Tempatkan juga file LISP atau AutoLISP yang ingin Anda jalankan pada folder tersebut.

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu mengedit file “on_start.lsp dan on_doc_load.lsp”.

Buka file on_start.lsp, kemudian tambahkan sintaks (load “nama file.lsp”). Perhatikan gambar

Simpan file yang telah Anda tambahkan sintaks sesuai dengan nama file LISP atau AutoLISP yang akan Anda jalankan.

Lakukan langkah yang sama untuk file on_doc_load.lsp dengan mengcopy isi dari file on_start.lsp kedalamnya, kemudian simpan file tersebut.

Ketika Anda menjalankan Briscad, Briscad akan meload semua file tersebut dan mengeksekusinya secara otomatis pada saat membuka jendela aplikasi Briscad.







  • sahrul

    Terima kasih atas info dan ilmu gratisnya,,,,,,,,….