Contoh persoalan

Pada bab ini akan di sajikan beberapa soal yang harus dikerjakan , sebagai latihan bagi pembaca dan untuk mengasah keterampilan membuat program, lihat soal dibawah ini:

1. Membuat sebuah simbol, yaitu buatlah lingkaran dengan sebelah kiri dan kanannya di tambah  garis dengan panjang separuh dari diameter lingkaran itu, lingkaran tersebut harus bisa diatur diameternya sesuai keinginan pemakai.

Keterangan gambar: Sebuah lingkaran yang sebelah kiri dan kanan yang ditambah garis.2.  Buatlah sebuah persegi panjang, dengan ukuran panjang 10 dan lebar 5, antara pojok yang bersebrangan dihubungkan dengan garis, perpotongan antara dua garis tersebut, di buatkan sebagai titik center sebuah lingkaran, dengan jari-jari separuh dari lebar kotak itu.

Keterangan gambar: Sebuah kotak tiap pojok dihubungkan dengan garis, perpotongan garis merupakan titik center sebuah lingkaran.

3. Buatlah sebuah lingkaran dengan diameter tanggal lahir anda, kemudian buat lagi sebuah lingkaran dengan diameter bulan lahir anda, lingkaran kedua taruh di sebelah quadrant kanan lingkaran pertama, gunakan fungsi “ if “,  jika bulan lahir lebih besar dari tanggal lahir dan di set ke separuh dari tanggal lahir anda. Gunakan fungsi command array, terhadap lingkaran kedua , pakai array polar sebanyak 12 buah dengan centering adalah lingkaran pertama.


Keterangan gambar: Lingkaran yang dikelilingi lingkaran kecil

4. Buatlah sebuah garis dari kordinat 0,0 ke kordinat 10,0. Lantas tentukan titik tengah dari garis itu dan beri tanda dengan variabel p2, buat lagi titik menuju ke sebelah kiri dari titik tengah (p2) tadi sepanjang 2.5, tandai dengan variabel p1, serta buat lagi titik untuk variabel p3 menuju kanan dari patokan variabel p2 dengan panjang 2,5. Gunakan  fungsi command “break” untuk memotong dari variabel p1 ke p3,  sehingga garis menjadi dua bagian.

Keterangan gambar: Garis yang terpotong menjadi dua bagian

5. Buatlah sebuah program untuk mengedit lingkaran, gunakan fungsi entsel, untuk mendapatkan nama entity, ektrak nama entity tersebut dengan fungsi entget, rubah nilai kordinat pada dxf 10, sesuai kehendak pemakai dengan bantuan fungsi getpoint.

Setelah anda selesai membuat program tersebut, kirimkan kode program tersebut ke alamat email dibawah ini.
1).mteybid@yuasabattery.co.id
2).adesu@telkom.net
3).adesu_cad@yahoo.com

Penulis akan mengoreksi dan memberi saran bila ada kekurangan dari kode itu,  dan akan mengirimkan komentar ke alamat anda.

Selamat mencoba semoga anda menjadi seorang programmer yang sukses.

*catatan redaksi:
Karena kita telah memiliki forum Tentang CAD, kasus dari ‘abah’ Adesu ini dapat juga dibahas di sana.

  • http://bosstambang.com boss tambang

    salam kenal,
    ada artikel tentang autocad map atau land development kah ???
    thx

  • viki

    cara menggunakan auto lispnya gimana
    aq coba gak bisa2
    aq abil aplicasi untuk cone di sini