Seri Tutorial AutoCAD untuk Pemula: Interface dan Penggunaan Tool

Banyaknya permintaan mengenai ‘belajar AutoCAD’, membuat saya ingin juga mengulas seri tutorial untuk AutoCAD ini. Mulai hari ini, saya akan mengulas ‘teknik belajar AutoCAD sendiri’. Jangan berharap bahwa tutorial ini sama dengan buku-buku yang beredar dipasaran, karena saya akan membahasnya secara berbeda. Saya tidak akan membahas secara detail untuk setiap tool dan fitur, karena menurut saya itu hanya akan membuang-buang waktu. Ada ratusan tool, dan belum tentu semua akan anda pakai. Saya akan lebih membahas mengenai konsep cara penggunaan AutoCAD, sehingga anda dapat mencoba sendiri menggunakan tool-tool yang ada.

Untuk tutorial ini, saya menggunakan AutoCAD 2009, yaitu versi terbaru. Karena menurut saya tidak efektif jika saya membuat tutorial untuk versi lama. Harapan saya, umur tutorial ini akan lebih panjang daripada jika saya menulis tutorial untuk AutoCAD 2004, misalnya.

Bukalah AutoCAD 2009 anda.

workspace.jpg

Di bagian kanan bawah. Klik tombol workspace (icon seperti gear) dan pilih 2D Drafting & Annotation. Pastikan anda memilih ini agar kita semua dapat melihat interface yang sama. Seharusnya sekarang anda melihat interface berikut (klik untuk melihat gambar besar):

Jika anda telah familiar dengan Windows dan Microsoft Office Vista, anda akan melihat look and feel yang sama.

acad logo.jpg

Klik logo AutoCAD di kiri atas. Di sanalah menu AutoCAD berada. Sekarang mestinya anda telah melihat menu-menu tersebut. Hal yang sama berlaku untuk Microsoft Office yang baru!

Ribbon Bar, merupakan akses utama untuk mengakses tool AutoCAD yang dapat anda gunakan. Perhatikan tab di atasnya. Ada home, block & references, annotate, dst. Masing-masing tab mengelompokkan toolbar yang sejenis. Home berisikan toolbar yang paling sering dipakai.

Pointer, merupakan tool untuk mendefenisikan titik input. Mari kita fokus dengan kedua tool ini dulu.

line.jpg

Pada panel draw, klik line. Line merupakan tool yang paling dasar. Kita akan mencoba dari yang paling mudah ini dulu.

Sesudah anda mengklik line, perhatikan bahwa pointer berubah bentuk. Mode ini menunjukkan AutoCAD meminta input titik dari anda. Dan disebelahnya terdapat tulisan ‘specify first point’ dan koordinat. Defenisikan titik pertama! Bentuk ini disebut dengan dynamic input. AutoCAD akan membimbing anda untuk menyelesaikan tugas anda. Jadi jika bingung saat menggunakan tools baru, ikuti keterangan yang muncul!

Klik di area kosong bidang gambar.

input mode.jpg

Apa yang terjadi kemudian? Sekarang ada garis dari titik yang anda klik, ke pointer anda. Arah dan panjang garis mengikuti pointer anda. Tulisan di sebelah pointer bertuliskan: specify next point or

next point.jpg

Kita fokus dulu dengan specify next point. Klik saja titik untuk mendefenisikan titik selanjutnya. Jangan pikirkan ukuran dan posisi dulu. Klik beberapa kali lagi. Kali ini perhatikan juga di area command line. Di sana ada tulisan yang persis sama dengan di sebelah pointer anda. Tekan [enter] untuk mengakhiri tool ini.

command line.jpg

Command line dulu adalah satu-satunya pilihan pengguna AutoCAD untuk melihat proses yang sedang berlangsung. Namun bagi anda yang menggunakan AutoCAD 2006 ke atas, punya pilihan lain.

AutoCAD Rules:

Untuk mengakhiri sesi ringkas hari ini, saya akan menetapkan satu aturan. Jangan lupakan kelak, saat anda meneruskan belajar sendiri.

Menggunakan tool AutoCAD: Klik pada toolbar, dan ikuti langkah selanjutnya pada dynamic input atau command line.

Challenge:

Sebelum meneruskan lagi untuk seri tutorial ini, dapatkah anda mencoba beberapa tool lain, terutama rectangle dan circle?

  • khoirul

    di mana link untuk mendownload autocad

  • Asep

    Mas admin tentangcad.com tolong minta list perintah cad secara lengkap beserta fungsinya. Misal mau tarik garis ketik L + enter, ada belum ya di forum ini. Thaks atas infonya.

  • dera

    bagus sekali pak,,, klau boleh minta lebih ada yang bisa di dwonload gk tutorial nya

  • Johan Ristyawan

    aslmkm mas, mau tanya, masih belajar nih. Di autocad saya koq properties seperti gambar diatas ga muncul ya. maksud saya tulisan “specify next point or” ga muncul. demikian juga tulisan jarak dan sudut ga muncul. Gimana cara memunculkannya mas? mohon petunjuk…
    trimakasih sebelumnya

    • http://cad-notes.com Edwin Prakoso

      Coba ketik DYNMODE lalu enter.
      Ketik lagi 3 lalu enter. Apakah sekarang sudah muncul?

      • Johan Ristyawan

        wah…. muncul mas. Matur nuhun mas, jenengen memang top … bingung saya tiba2 hilang :)
        Jangan bosen kalo saya sering tanya ya
        makasih sekali lagi

  • muhammad

    assalamualaikum.pak kenapa command alias di autocad 2007 saya tidak aktif?trim

  • teguh riyanto

    mas saya kan baru instal windows 8….
    autocad saya hlang semua….
    saya mau instal lg autucad na tp gak ada yg yg suport,,,,
    kira2 ada masalah di mna na trs ada kah autocad utuk windows 8

  • Rafsan Kings

    SAYA pemula dan ingin bisa autocad bantu saya dan terimakasih

  • rendy Rpratama

    Salam kenal mas,,
    saya ingin belajar autocad,langkah awal yang mesti saya pahami bahkan saya pelajari itu bermula dari apa ? apa harus pake software pendukung ? softwarenya apa ? hasil dari autocad itu kemudian berlanjut ke apa ? trims