Mencetak Gambar

Ini merupakan tulisan terakhir dalam seri tutorial Revit untuk Pemula. Mudah-mudahan dapat berguna, dan cukup mudah diikuti. Jika anda ingin mengikuti tutorial ini dari awal sampai akhir, dapat mengikutinya di daftar isi ini. Jika ada pertanyaan lebih detail soal Revit, dapat dibahas bersama di forum Tentang CAD.

Sama seperti menggunakan aplikasi Windows lainnya, mencetak di Revit dapat anda lakukan dengan mengakses menu file>print atau menekan [ctrl]+[P].

Revit akan membuka dialog print. Pilih printer yang terpasang pada komputer anda. Jenis printer yang tersedia sama dengan printer yang terinstall pada Windows.

Pada kategori settings, klik setup…

settings.jpg

Ganti ukuran kertas menjadi A1. Jika anda tidak memiliki printer A1, untuk kali ini anda dapat menggunakan ukuran yang sesuai. Namun ini berarti gambar anda tidak dicetak dengan skala yang benar, karena kita menggunakan title block ukuran A1.

Pada kategori print range, pilih selected views/sheets.

print range.jpg

Klik select di bagian bawah kategori ini.

Nonaktifkan views di bagian bawah dialog berikutnya. Kita hanya akan mencetak sheet.

batch plot.jpg

Aktifkan kedua sheet yang ada. Jika anda memiliki puluhan sheet, anda dapat mencetak langsung seluruh sheet, tanpa harus mengulang-ulang proses cetak. Cara seperti ini dikenal sebagai batch plot.

  • Arifin Hendra Tanujaya

    Trims Mas Edo, saya juga pingin kenal dg anda. Saya tinggal di Surabaya dan belajar revit krn salah satu anak buah saya menggunakannya untuk menterjemahkan sketsa2 yang saya buat yang kemudian dirender dg 3dmax. Kini saya sdh bisa berkat latihan yang anda berikan ini. Semoga kita bisa ketemu. Saya pembuat sketsa banyak gedung pencakar langit di Indonesia.

  • Edo

    Salam kenal pak Arifin,
    Saya sendiri tinggal di Jakarta. Mudah-mudahan kalau ada waktu luang di Jakarta, kita bisa ketemu Pak :)

  • bov

    wah terima kasih banyak atas tips revitnya mas. dengan adanya blog ini saya jadi lebih dapat berbagi informasi tentang revit.

  • Lukman lagi

    Maaf jd sering Coment ni mas, abis cuma di tentangCad yg ngebahas revit, hehe.
    Untuk pembuatan kolom ,balok dan RAB caranya gmn ya mas, terimakasih sebelumnya….