Mempersiapkan View

Tiba saatnya bagi anda untuk mempublikasikan desain anda. Di bagian ini, anda akan menyiapkan model desain anda dalam format siap cetak.

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah memeriksa view yang akan kita letakkan pada sheet. Meskipun anda dapat melakukannya belakangan, akan lebih mudah jika anda mempersiapkannya lebih dahulu. Jika tidak, anda akan butuh banyak mengklik dan menarik grip-grip objek.

Buka view floor plans:lantai dasar. Perhatikan bahwa bangunan ini hanya perlu anda tampilkan dari depan (south) dan dari belakang (north).

view symbol.jpg

Hapus simbol view elevation di kiri dan kanan bangunan anda. Jika Revit menanyakan konfirmasi anda, klik OK.

Pastikan modify aktif. Pilih simbol elevation view di atas bangunan, dan pindahkan sedekat mungkin dengan bangunan anda. Pastikan anda memilihnya dengan metode membuat area pemilihan disekeliling objek. Bukan dengan mengklik objeknya langsung. Objek ini terdiri dari beberapa elemen, dan besar kemungkinan elemen-elemen tersebut tidak terpilih seluruhnya dengan cara mengklik secara langsung.

select view.jpg

crop boundary.jpgKlik show crop region pada toolbar view control untuk menampilkan crop boundary.

Jika anda merasa crop boundary masih terlalu jauh dari bangunan anda, klik crop boundary tersebut. Klik dan tarik boundary yang ada untuk merapikannya. Matikan kembali crop region dengan mengklik hide crop region.

set crop.jpg

Pastikan skala anda menunjukkan 1:100. Gambar anda kurang-lebih akan tampak seperti berikut. Anda telah siap untuk mengaturnya pada sheet.

final view.jpg

Lakukan hal yang sama untuk semua denah, tampak, potongan yang ingin anda cetak.

Hal-hal lain dapat anda kontrol dengan mudah, bahkan setelah view ini diletakkan pada sheet. Namun pengaturan di atas akan mengurangi pekerjaan anda jika anda defenisikan sekarang. Khusus untuk view elevations:north, kita akan melakukan satu pengaturan tambahan.

Perhatikan bahwa anda tidak dapat melihat apapun pada view elevations:north. View di bagian belakang ditutupi oleh dinding.

backview.jpg

Pilih dinding tersebut. Klik kanan, dan pilih hide in view>elements. Sekarang kita dapat melihat bagian di belakang dinding tersebut. Namun jika anda perhatikan, menyembunyikan dinding tersebut juga mengakibatkan bagian dalam kamar mandi pembantu terbuka.

Aktifkan tab drafting pada design bar. Aktifkan tool masking region. Buat empat persegi yang menutupi area tersebut.

mask.jpg

Klik finish sketch dari design bar. View ini siap untuk ditampilkan pada sheet.

final back.jpg

  • Ariel

    Mas Edo, untuk “menutupi” kamar mandi, pada versi 2011 rada bingung nih
    Nyari opsi Drafting & Masking Region nya
    Apa ada perubahan command/ cara???
    Sementara coba pake opsi Section yang di “Split Segment”
    Bisa sih, cuma kan BEDA

    Thanx