Membuat Door dan Window Schedule

Pada dasarnya, schedule apapun di Revit dibuat dengan cara yang sama. Anda dapat membuat laporan jumlah pintu dan jendela, luas permukaan dinding, luas lantai, dan berbagai data arsitektur lain yang anda butuhkan. Kali ini kita akan membuat laporan schedule pintu.

Aktifkan tab view pada design bar.
Aktifkan tool schedule/quantities.
Pada dialog yang terbuka, pilih ‘doors’. Klik OK.

Pada dialog berikutnya, tambahkan parameter berikut pada scheduled field.

  • Level
  • Family and Type
  • Count
  • Cost

schedule properties.jpg

Klik OK.

Sekarang kita akan mengisi field cost. Klik pada sel yang kosong, ketikkan biaya pintu tersebut. Tekan [enter] setelah selesai. Saat Revit mengkonfirmasikan untuk mengubah harga jenis pintu yang sama, pilih OK.

schedule.jpg

Perhatikan pada gambar di atas bahwa setiap objek dilaporkan sendiri-sendiri. Di contoh ini terdapat beberapa pintu M_Single-Flush: 0762x2134mm, namun tidak dihitung secara total. Kita akan mengatur sedikit tabel ini. Klik kanan di area gambar, pilih view properties. Pada dialog yang terbuka, cari kategori other. Klik tombol ‘edit…’ di sebelah sorting/grouping.

group.jpg

Pada kotak drop down pertama, pilih level. Aktifkan blank line di sebelahnya. Di kotak drop down kedua (then by:), pilih family and type. Kemudian pastikan grand totals di bagian bawah aktif, dan itemize every instance non aktif.

sort.jpg

Klik tab formatting. Pilih count pada field yang ada, dan aktifkan calculate totals.
Kemudian pilih cost, dan aktifkan pula calculate totals.

formatting.jpg

Klik OK.

Kali ini schedule pintu tampak lebih rapi. Dikelompokkan berdasarkan level, dan jenis pintu yang sama digabungkan dan dihitung.

formatted.jpg

Masih ada satu hal yang kurang. Perhatikan bahwa cost yang ditampilkan adalah biaya total, bukan biaya satuan. Revit memang menghitungnya demikian.

Kita akan mendefenisikan satu field yang menunjukkan biaya satuan dari masing-masing pintu. Sekali lagi, klik kanan pada area gambar, pilih view properties. Pada kategori others, klik ‘edit…’ di sebelah field.

Pada dialog yang terbuka, klik calculated value di tengah bawah dialog. Di dialog berikutnya, isi ‘Unit Cost‘ untuk nama parameter. Lalu ‘Cost‘ pada formula. Anda harus menuliskan formula dengan diawali huruf besar. Parameter pada formula bersifat case sensitive.

calc value.jpg

Klik OK.

Anda akan kembali ke dialog view properties.

parameters.jpg

Atur urutan parameter baru ini dengan mengklik move up beberapa kali sampai posisinya ada di antara family and type dan count.

Klik OK.

final BQ.jpg

Lakukan hal yang sama untuk schedule jendela.

  • Arifin Hendra Tanujaya

    Terimakasih atas semua panduan-latihan yang diberikan. Sudah 17 tahun saya bekerja sebagai arsitek space creator dengan membuat ribuan sketsa untuk gedung2 di Indonesia dan saya telah belajar revit dari anda untuk saya teruskan render dengan max. Sehingga saya bisa merender sendiri karya sketsa yg saya buat. Saya bekerja di banyak Konsultan Bangunan.Revit sangat bermanfaat untuk meneruskan ide2 saya.