Defenisi Rendering Material

Ada alasan khusus kenapa saya tidak menyinggung soal rendering material di seri tutorial Revit yang saya buat. Tutorial itu saya peruntukkan untuk pengguna Revit semua versi. Sementara di Revit 2009, terjadi perubahan besar dalam rendering enginenya. Tidak lagi menggunakan AccuRender, tapi MentalRay.

Karena itu tutorial ini hanya dapat diikuti oleh anda yang menggunakan Revit 2009. Tapi tidak apa, secara konsep sebetulnya tidak jauh berbeda antara Revit 2009 dan sebelumnya.

Untuk langkah pertama, bukalah dari menu Revit. Settings>Materials.

Sebelum saya lanjutkan, saya ingin menekankan bahwa mendefenisikan material di Revit bukan hanya mendefenisikan rendering material.

Anda sudah pernah melihatnya bukan? Saat anda mulai mendefenisikan bagaimana dinding di tampilkan, anda sudah bermain-main sedikit dengan material (Lihat tutorial ini). Di TAB graphics, anda akan melihat 3 properties:

  1. Shading
    Untuk mendefenisikan warna shading objek
  2. Surface Pattern
    Untuk mendefenisikan pattern pada permukaan objek
  3. Cut Pattern
    Untuk mendefenisikan pattern saat objek dicut.

Kita akan mencobanya kelak.

physical.jpg

Pada prinsipnya sekarang, jika anda punya rendering material yang berbeda, anda harus mendefenisikannya sebagai material. Bahkan jika sama-sama material dinding. Misalkan dinding biru, dinding putih, dinding hijau, dan sebagainya. Ribet? Mungkin. Tapi dengan demikian kelak anda dapat menghitung berapa m2 anda butuh cat warna hijau untuk high rise building dalam hitungan menit.

Kali ini coba klik TAB render appearance. Anda akan melihat render material yang akan anda gunakan untuk photorealistic rendering.

render appearance.jpg

Rendering di Revit Architecture 2009, bisa dikatakan rendering for architect. Dibuat settingnya sesederhana mungkin, namun hasilnya sangat baik. Anda bisa coba lihat contoh renderingnya di sini. UNtuk mendapatkan hasil seperti itu di Revit, sama sekali tidak sulit.

Sekarang kita akan coba lihat bagaimana kita dapat mengatur render material ini.

Cobalah pilih beberapa material pada daftar dikiri dialog ini. Perhatikan bagaimana properties untuk render material berubah-ubah. Concrete, metal, glass, paint, dan sebagainya. Sekali lagi, rendering di Revit sangat disederhanakan, karena hampir semua telah dibuat pre-defined! Anda tidak perlu lagi pusing mengatur properties untuk mendapatkan efek metal, misalnya.

Mendefenisikan custom Render Material

Buat material baru, klik icon di kiri bawah dialog, beri nama test material. Pada bagian render appearance based on, klik replace.

render library.jpg

Pilihlah material yang anda inginkan, yang paling mendekati. Klik OK.

Anda akan kembali ke dialog sebelumnya, dan sekarang anda dapat melakukan sedikit tweaking dan fine tuning. Misalkan anda ingin mengganti pattern karpet, tinggal mengganti file JPEG yang diinginkan.

Klik OK sampai menutup semua dialog.

Aplikasi Material

Sekarang anda sudah punya material sendiri. Bagaimana aplikasinya pada model anda?

Material adalah type properties. Cobalah buat dinding, satu pintu, dan satu component.

Pilih dinding dan klik properties. Klik edit/new di atas dialog ini. Dapatkah anda menemukan dimana anda dapat mengaplikasikan material ini?

door material.jpg

Cobalah lakukan hal yang sama untuk component.

Sekarang, untuk dinding dan berbagai compound object lainnya. Coba lakukan hal yang sama, dan klik edit structure pada type parameters.

wall materials.jpg

Anda dapat mendefenisikan material pada kolom material. Sekali lagi anda perlu ingat bahwa material di Revit tidak hanya untuk rendering. Tapi juga untuk mendefenisikan cut dan surface pattern. Kita akan coba menggunakan defenisi cut dan surface pattern kelak.

  • Zaki

    Thanks….