Overkill Di AutoCAD

Dari namanya yang “seram” mungkin kita bisa mengetahui fungsi dari fasilitas ini. Command yang satu ini sangat berguna sekali terutama untuk membersihkan hasil gambar ‘Jorok’. Dimana seringkali kita menemukan entity yang saling bertumpukan antar satu dengan yang lainnya. Tentulah hal ini akan mempebesar ukuran file dan mengganggu hasil perhitungan yang berhubungan dengan BQ atau BOM.

Akan tetapi dibeberapa user command yang satu ini tidak terdapat didalam AutoCAD yang terinstall. Hal ini disebabkan bukan dikarenakan fasilitas ini tidak terdapat didalamnya. Akan tetapi lebih disebabkan tidak terinstallnya fasilitas express tools di AutoCAD anda.

Bagaimana cara memeriksa apakah fasilitas ini ada atau tidak. Berikut cara memeriksanya :

  1. Ketik expresstools pada command prompt. Maka akan muncul ” Customization file unloaded successfully. Customization Group: express ” pada command prompt
  2. Atau Lihat pada pulldown menu terdapat menu express

Gunakanlah command ini pada saat akan melakukan proses pembuatan BOM untuk memastikan data tidak saling tumpang tindih. Dan jangan takut entity yang terpilih akan hilang secara keselurahan. AutoCAD akan menyisakan satu entity yang berada paling dibawah atau dengan kata lain entity yang lebih dahulu dibuat.

Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat.

  • http://www.archicompartner.blogspot.com DAROJI

    terimakasih infonya,bnyak ilmu yang kami dapat thanks…