Mengedit Folder dan Component

Salah satu fitur terpenting di AutoCAD Mechanical adalah Mechanical Structure. Saya pernah membahas bagaimana membuat component di ACM. Namun bagaimana cara mengedit component yang telah terlanjur di defenisikan? Bagaimana jika kita ingin mengedit part atau folder, menambahkan geometri objek (lines, arc, circle, etc) di sana? Ada dua cara yang dapat anda lakukan.

Yang pertama adalah menambahkan/menghapus objek yang ada. Caranya dengan mengklik kanan part/component pada Mechanical Browser lalu memilih edit objects… pada context menu. Tinggal memilih akan menambahkan geometri/menghapus geometri di dalam component/folder.

Cara ini mungkin akan merepotkan jika kita ingin mengedit cukup banyak, termasuk melakukan trim/fillet, etc. Mungkin akan lebih mudah jika kita menggunakan cara kedua. Aktifkan component dengan mengklik ganda pada Mechanical Browser atau klik kanan>activate. Dan kita langsung mengeditnya di gambar. Caranya persis sama dengan mengedit block in place. Perhatikan bagaimana cara kerjanya.

Jika terdapat instance dari folder/component yang sama, otomatis semua akan segera diubah. Mirip dengan block memang. Namun block baru berubah saat defenisi block didefenisikan ulang/disimpan.