Memuntir Geometry di Inventor

Hal ini mulai terfikir ketika saya melihat modeling yang dibuat oleh Mas Wiro (ujung daun). Mungkinkah memuntir¬†geometry di Inventor. Jawabannya bisa. Karena hasil modelingnya ada. Di Inventor memang tidak ada feature khusus yang memungkinkan kita langsung melakukan proses puntiran pada sebuah geometry. Tapi sekali lagi gunakan pepatah “Tak Ada Rotan Akarpun Jadi” kalo kata Orang Bulenya “Who’s Man Behind The Gun” (maaf kalau salah tulis maklum englishnya masih blepetan)

Di Pro Engineer maupun Solidworks ada feature yang dikenal dengan wrap. Feature ini tidak kita temukan di Inventor. Tapi bagaimana cara melakukannya di Inventor. Boleh disimak kisah yang satu ini.

Hal yang harus dilakukan untuk proses pemuntiran diInventor yaitu :

  1. Buat helix untuk dijadikan rails dengan menggunakan 3D Sketch. Atur Pitch dan revolutions. Jadikan origin sebagai titik awal helix dan ketinggian (100 mm) sebagai akhirnya. Jadikan vertex (sudut) segi empat sebagai titik awal helix. Bisa dilihat pada gambar dialog box
  2. Gunakan feature loft untuk menyelesaikan proses puntiran. Dengan menjadikan helix sebagai rails. Dan 2 buah geometry atas dan bawah sebagai sectionnya.

Perhatikan gambar dibawah ini.

Mudah-mudahan pada bisa ngerti :). Kalo ngga kira berembug aja di forum ya :).

Salam,

Bapaknya Labib