Membuat asbak dengan DUCS dan Presspull

Melihat tutorial yang buat ‘Abah’ Adesu di sini, saya tertarik untuk mencoba memperlihatkan ‘cara alternatif’ yang dapat dilakukan oleh AutoCAD 2007 atau yang lebih baru.

Jangan dianggap bahwa cara ini adalah cara yang lebih baik. Karena bagaimanapun, setiap orang dapat memiliki workflow yang berbeda di AutoCAD. Dan satu hal yang perlu saya garis bawahi, jika anda baru bermain-main di 3D AutoCAD, cara ini bukanlah cara yang akan saya ajarkan. Bagaimanapun, ‘cara lama’ lebih fleksibel dalam banyak kasus, dan harus anda kuasai lebih dulu. Tapi punya alternatif akan menyenangkan bukan?

Langkah-langkah yang saya lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Membuat rectangle untuk acuan. Saya ingin memanfaatkan dynamic UCS (DUCS), namun DUCS tidak dapat mengenali bidang selain bidang datar. Karena itu, saya harus mulai dari sesuatu yang punya sisi datar. Langsung mulai dari silinder tidak akan mungkin untuk membuat ceruk tempat rokoknya. Rectangle ini berukuran sisi sama dengan diameter asbak (10×10). Lalu saya extrude setinggi asbak (5).
  2. Membuat lingkaran pada bidang atas kotak. Tidak perlu memindahkan UCS, DUCS akan langsung mengenali sisi tersebut. Dan dengan bantuan object snap tracking, saya cari titik tengah dari sisi ini.
  3. Buat lingkaran yang lebih kecil (r=3.5) yang concentric dengan lingkaran besar. Aktifkan presspull, dan tarik kebawah untuk melubangi kotak sejauh 3.5 unit.
  4. Selanjutnya membuat lingkaran di sisi samping untuk membuat ceruk dari asbak. Perhatikan bagaimana DUCS langsung mengenali sisi tersebut. Kembali saya presspull untuk memotong kotak.
  5. Terakhir, membuang bagian persegi yang tidak diperlukan, sehingga menjadi silinder.

Untuk lebih jelasnya, dapat lihat animasi berikut.







  • Wah gambarnya blom muncul tuh Mas Edo, jadi saya ngak bisa menganalisanya.

  • Salah satu trik pembuatan yang sangat menarik, tetapi ada masalah bila anda masih menggunakan versi lama.

  • karis

    thanks yaa atas azbakx!!!
    cos aq dah bsa buat sendiri asbak ga usah d bli lg…
    ga; koko just kidding!!!