Lebih Jauh dengan Sistem Koordinat AutoCAD

Saya memperoleh pertanyaan terkait posting ini. Di posting itu saya membahas soal menggambarkan data koordinat x,y dengan menggunakan AutoCAD script. Muncul pertanyaan, bagaimana dengan hasil pengukuran theodolit? Hasil pengukuran theodolit bukan dalam koordinat x,y. Tapi jarak (d) dan sudut (a) = d<a.

Setting Unit dan Direction

Sebetulnya konsepnya sama saja. Tentunya kita menggunakan koordinat polar, dengan format d<a, bukan lagi x,y. Hanya perlu diingat bahwa sistem koordinat harus disesuaikan lebih dulu. Kita tahu bahwa sudut 0 di AutoCAD secara default adalah ke arah sumbu X positif, dan nilai sudut positif berlawanan arah dengan jarum jam. Padahal, hasil pengukuran biasanya mengacu arah utara (y positif) sebagai sudut 0 derajat.

Kita dapat mengubah 0 derajat ke arah utara dengan mengubahnya pada parameter UNITS. Atau dari menu format>units. Di bagian bawah dialog, klik direction. Ubah menjadi North (90d0′).

direction.jpg

Selanjutnya, untuk presisi sudut sendiri dapat diganti menjadi degree minute second (DMS) di dialog units.

angle settings.jpg

Sesudah setting ini diubah, kita siap menjalankan script.

Modifikasi Script

Untuk scriptnya sendiri, masih ada satu masalah. Excel hanya dapat mengeksport ke CSV dengan pemisah ‘,’ (koma). Tidak masalah. Tetap saja export dengan pemisah koma, lalu buka file itu di notepad. Replace all semua koma dengan ‘<’.