Fungsi Penanganan Objek

Entget

Menguraikan data objek bisa dilakukan dengan mengggunakan fungsi entget, fungsi entget bisa berfungsi bila objek tersebut telah diketahui nama entitinya, sebelumnya gunakan rumus dari pembahasan sebelumnya tentang fungsi input bag.1 dan fungsi input bag.2 yang mengupas entsel, setelah itu lanjutkan dengan entget, hasil dari entget ini akan berupa kumpulan atau asosiai dari entity tersebut .Semua entiti diwakilkan dengan angka, nama layer akan di wakilkan dengan rumus dxf (8 . “0”), dengan menggunakan fungsi assoc , nama layer akan didapat, lihat cara menggunakan assoc pada help file .

01 - entget.jpg

Keterangan Gambar: Sebuah lingkaran kalau diuraikan akan menjelaskan banyak factor, diantaranya nama objek, nama layer, jenis warna, radius, pusat lingkaran dan lain-lain.

Entmod

Entity modification adalah kependekan untuk entmode, berfungsi untuk merubah atau memodifikasi data dxf atau Drawing Interchange File, dari sebuah entity dengan cara menyisipkan data dxf pada entity tersebut.

02 - entmod.jpg

Keterangan Gambar: Memodifikasi sebuah entity yang sederhana.

Entupd

Setelah dilakukan entmode, mutlak dilakukan proses entupd.

03 - entupd.jpg

Keterangan Gambar: Setelah dimodifikasi sebuah entity, perlu untuk dilakukan update terhadap objek.

Entdel

Entdel adalah singkatan dari ENTity DELete, digunakan untuk menghapus objek gambar maupun non gambar, objeck tersebut masih berlaku, atau objek itu hasil penyimpanan variabel dari perintah Autocad, biasanya selalu digunakan “entlast” untuk membantu fungsi entdel tersebut, atau bisa digunakan fungsi “last”.

04 - entdel.jpg

Keterangan Gambar: Menghapus objek di area gambar, bisa dilakukan dengan perintah command atau entdel.

Handent

Handent dari kata HANDle ENTity , yaitu mengembalikan nama entity dari sebuah asosiasi, lihat fungsi dibawah ini.

05 - handent.jpg

Keterangan Gambar: Untuk mengetahui atau mengembalikan nama entity, fungsi handent adalah pemecahannya.