AutoCAD Layer Translator

Drawing standard sudah menjadi hal penting di banyak perusahaan besar. Jika kita bekerja di perusahaan besar, atau setidaknya ingin bekerja di sana, tentu kita harus mulai berpikir untuk menerapkan standard drawing yang baik. Banyak tools yang disediakan untuk itu. Salah satunya cad standard.

Salah satu yang dijadikan standard adalah layer. Namun sayangnya, tidak ada aturan yang betul-betul baku untuk layer. Meski beberapa organisasi sudah mencoba menerapkannya. Karena itu jamak jika kita menerima file yang layernya sudah teratur, namun berbeda dengan standard layer kita. Untuk merename nama layer satu-satu tentu akan sangat memakan waktu. Belum lagi harus mengubah layer propertiesnya. Untuk melakukan hal ini, kita dapat menggunakan tool yang namanya layer translator.

Layer translator dapat kita aktifkan dengan mengkliknya pada toolbar cad standards atau mengetikkan LAYTRANS [enter].

laytrans.jpg

Layer translator akan menampilkan dua baris. Baris paling atas terdiri dari dua kolom. Di kiri adalah daftar layer yang ditemui pada gambar yang anda buka. Sementara di kanan adalah nama baru layer yang anda inginkan. Anda dapat membuat nama layer baru, tapi kalau sudah punya standard yang establish dengan baik, anda dapat buka salah satu file DWG sebagai standard. Semua layer di file tersebut akan diletakkan pada kolom di kanan.

Sekarang tinggal pilih satu-satu. Klik layer di kiri yang mau diganti, layer di kanan untuk nama baru. Klik map. Di baris bawah akan muncul satu-satu layer mana yang dimaping. Sesudah selesai, tinggal klik translate.

Jangan lupa, kalau anda mengerjakan banyak file dengan standard yang sama, anda dapat menyimpan pengaturan mapping ini.