AutoCAD Dynamic Input

Dynamic Input sebetulnya bukan fitur baru. Fitur ini sudah ada sejak AutoCAD 2006. Namun saya lihat, banyak pengguna AutoCAD senior yang langsung menganggap fitur ini sebagai ‘musuh’ ketimbang teman. Banyak yang langsung menanyakan bagaimana cara menonaktifkannya.

Bagi saya pribadi, fitur ini cukup banyak membantu. Mungkin karena saya sudah terbiasa juga menggunakan fitur sejenis di MicroStation. Saya menyarankan, agar pengguna AutoCAD tidak buru-buru menghakimi fitur ini sebelum mencobanya lebih jauh.

Heads Up Design

Konsep inilah yang diusung saat Autodesk pertama kali memperkenalkan dynamic input. Dulu, pengguna AutoCAD harus bolak-balik memeriksa option atau input pada command line. Melirik ke bawah, lalu fokus lagi ke gambar. Kadang kalau gambarnya dah ruwet banget, bingung sendiri… tadi yang mana ya? OK, kasus seperti ini tidak terlalu sering terjadi. Tapi saya pernah mengalaminya.

Tapi menurut saya dengan adanya dynamic input saya bisa fokus hanya ke area gambar. Ketika saya mengetikkan command, saya bisa lihat langsung apa yang saya ketik di sebelah pointer saya. Saat saya memberikan input koordinat, koordinatnya juga langsung tampak di sana. Ada juga context menu yang bisa langsung muncul di sana. Saat tool AutoCAD memiliki beberapa pilihan, dengan menekan tombol panah ke bawah, anda dapat melihat option tersebut.

Dynamic Input

Dynamic Input

Clean Screen

Ini adalah tantangan bagi anda yang hobi mengaktifkan tool AutoCAD pada command line: gunakan clean screen! Silahkan tekan [ctrl] + 0 untuk menghilangkan semua toolbar, dashboard, dan ribbon. Lalu tekan juga [ctrl] + 9 untuk menyembunyikan command line. Akhirnya anda bisa punya area drawing yang jauh lebih luas! Tidak ada toolbar yang mengganggu, dan bahkan anda tidak membutuhkan command line untuk memberikan input atau mengaktifkan tool! Menurut saya, dynamic input dapat memberikan area lebih leluasa jika anda sudah berani menyembunyikan command line!

Namun harus diakui, tidak semua tool dapat menggunakan dynamic input. Ada beberapa yang hanya bisa menggunakan command line. Namun mengembalikan command line toh mudah, cukup tekan [ctrl] + 9 untuk menampilkannya lagi!

Relative Coordinate

Koordinat default AutoCAD dulu adalah koordinat global. Jika mengetikkan 1000, 500, maka nilai itu diukur dari titik 0,0 UCS World. Untuk dapat menggunakan koordinat relatif dari titik sebelumnya, harus menggunakan @x,y. Buat saya sedikit mengganggu. Karena saya biasa mengetikkan angka dari panel keyboard di sebelah kanan. Tapi jaman AutoCAD pertama kali dibuat keyboard memang tidak memiliki panel angka di sisi kanannya!

Dengan dynamic input, kita dapat memiliki pilihan untuk menjadikan koordinat relatif sebagai default. Sehingga saya cukup mengetikkan 1000, 500 atau x,y saja. Sebaliknya, untuk koordinat global, saya harus mengetikkan #x,y. Tidak masalah buat saya. Karena saya sendiri jarang menggunakan koordinat global.

Mungkin masih ada lagi alasan buat memakai Dynamic Input. Tapi setidaknya, itu alasan saya buat menggunakannya. Dan menurut saya, dynamic input sangat membantu.