Revolusi AutoCAD 3D Modeling

Sejak AutoCAD 2007, AutoCAD memiliki perubahan besar pada 3D modelingnya. Cukup besar untuk dianggap sebagai revolusi. Hal ini dimungkinkan karena AutoCAD tidak lagi menggunakan kernel ACIS untuk modelingnya. Melainkan ASM. Kernel yang sama digunakan oleh Inventor.

Mungkin banyak yang sudah mencoba, bahkan memanfaatkannya. Namun mungkin juga banyak yang baru merambah dunia 3D modeling di AutoCAD. Mungkin ini sedikit gambaran apa yang bisa dilakukan AutoCAD sekarang.

Mentalray Rendering

Ini favorit saya. Sejak adanya mentalray rendering, AutoCAD sangat dapat diandalkan untuk membuat presentasi photorealistic rendering. Tidak kalah dengan 3Ds Max.

Karena saya pernah bahas beberapa kali soal ini, mungkin lebih detailnya dapat lihat di sini. Sangat jauh dibandingkan scanlines rendering di AutoCAD 2006 ke bawah!

Solid History

Dulu, jika membuat objek 3D di AutoCAD, kalau salah tidak ada jalan lain selain membuat baru. Atau minimal dengan subtract dan union. Dengan solid history, dapat mengubah sampai dengan ke objek pembentuknya. Jika dua objek digabung dengan union atau subtract, objek pembentuknya masih dapat diedit. Sangat membantu! Lebih detail dapat lihat di sini.

Sub object

Dengan menggunakan sub-object, modifikasi 3D objek menjadi jauh lebih mudah. Dengan melakukan stretch pada grip di face, atau edge. Tidak sulit lagi melakukan modifikasi bentuk, terutama bicara tentang studi massa.

Detailnya dapat lihat di sini.

Imprint

Imprint sangat membantu untuk menambahkan ‘edge’ pada objek yang sudah ada. Sehingga akan menambah sub-object yang dapat di edit.

Perhatikan pada contoh berikut. Ini adalah sebuah kotak biasa. Jika saya mengedit sub object tanpa menambahkan edge di bagian atas, maka seluruh bidang atas akan terpengaruh. Saya ingin sebagian saja. Untuk itu saya tambahkan line, lalu saya imprint.

Setelah edge ‘dicetak’ pada kotak, saya punya sub object tambahan untuk memberikan kontrol lebih baik.

Dynamic UCS

Masih ingat dulu anda harus mengubah UCS untuk dapat menggambar di 3D? Saya menganjurkan untuk yang baru belajar untuk tetap mempelajarinya.Tidak semua kondisi dapat anda gunakan dynamic UCS.

Meski demikian, Dynamic UCS akan dapat banyak membantu supaya tidak terlalu sering mengubah UCS. Perhatikan bagaimana AutoCAD akan mencari bidang yang dibutuhkan untuk menggambar, dan mengubah UCS sementara ke bidang itu.

Loft dan Thicken

Buat yang banyak bikin bentuk surface pasti senang dengan adanya loft. Bentuk-bentuk irregular, transisi dari satu bentuk ke bentuk lain yang smooth dapat dibuat oleh loft. Jauh lebih fleksibel dibandingkan EDGESURF di AutoCAD lama.

Hebatnya lagi, sekarang surface ini dapat di jadikan solid dengan tool THICKEN!

Sweep

Betul, dari dulu AutoCAD sudah punya extrude dengan path. Namun tool ini sering bikin frustasi karena hasilnya tidak seperti yang diharapkan.

Sweep jauh lebih baik. Dan tool yang sama akan sering anda temui di aplikasi 3D yang lebih maju.

Masih banyak tool lain yang berguna, seperti helix, edge editing, face editing, shell, dan sebagainya. Untuk mampu memiliki dasar 3D AutoCAD modeling, tool-tool lama tetap harus anda pelajari. Karena itu jangan minder kalau punyanya buku 3D AutoCAD 2005 misalnya.

Namun jangan berhenti di sana, masih banyak kemampuan 3D AutoCAD yang bisa digunakan! Mungkin sebagian yang ditunjukkan di sini dapat menggambarkan kemampuan AutoCAD sekarang. Meski demikian, jika ingin serius di 3D modeling, banyak aplikasi yang mungkin lebih cocok.







  • nurbianto

    saya tertarik menggunakan autocad P&ID 2008, bisa tolong jelaskan kelebihannya selain templete yang di sedikan apakah dapat mengisi matererial di equipment atau list templete yang di gunakan

  • suprihanto

    tolong dong bantuannya! bagaima si cara gampang menggunakan UCS di CAD untuk 3D nya !
    trima kasih

  • Day

    masih exiskah forumnya mas..pingin ikut nimbrung

  • kyra

    Ralat Pak, autocad sebelum ini kan ada solid editing, jadi kalau salah ukuran bisa dimodifikasi dgn extrude face, offset face, rotate face dll. Tidak perlu buat baru atau subtract2. Memang dengan solid history jadi lebih cepat.