Pendahuluan Tutorial AutoLISP

Program Autolisp adalah suatu program yang sangat bermanfaat, bila digunakan pada saat mengerjakan program Autocad, program ini dirancang khusus untuk kegunaan pada Autocad, diluar Autocad program ini tidak bisa digunakan. Manfaat lain Autolisp adalah bisa mempersingkat proses kerja seorang drafter, apabila seorang drafter akan melakukan editing suatu objek, dengan menggunakan properties, umpamanya proses yang dibutuhkan sekitar 5 tahapan, tapi dengan menggunakan bantuan suatu program Autolisp, maka tahapan proses bisa dipersingkat menjadi 2 kali tahapan, dan tahapan prosesnya bisa sekehendak pembuat program.

Fungsi bawaan dari Autocad biasanya kurang memenuhi selera dari pemakai, dengan kemampuan seseorang bisa membuat program, maka segala sesuatu yang berada pada program Autocad tersebut bisa dirubah sekehendak programernya. Umpamanya tampilan untuk menu, menu pull down, membuat ikon, program khusus yang bawaannya tidak atau belum dilengkapi.

Autolisp sebenarnya sebuah program yang paling mudah dimengerti, mudah dipelajari dan paling praktis dipakai pada Autocad. Sederhana saat aplikasi di Autocad , tidak berbelit-belit, tahapan pakainya singkat, sehingga program Autolisp ini sangat digemari oleh para pemakai Autocad di seluruh dunia, dan mejadikan Autocad lebih populer dibandingkan program cad yang lain.

Penulis akan memaparkan program ini secara jelas dan detil, bagaimana program Autolisp dibuat, dan bagaimana memahami program bekerja, serta mencari kekeliruan pada program yang telah dibuat, dan contoh program yang sudah jadi untuk aplikasi pada pekerjaan sehari-hari . Program ini untuk applikasi pada Autocad rilis 2005, apabila digunakan pada rilis yang lebih tinggi atau lebih rendah, ada kemungkinan beberapa program tertentu tidak bisa jalan.

Sementara tutorial ini hanya akan memaparkan program Autolisp konvensional , tidak akan mengupas program DCL atau Dialog Control Language, maupun menambah Autolisp ActiveX , Autolisp reactor, tujuan penulis agar pembaca lebih memahami program dasar Autolisp dulu, dan menjadikan lebih mahir ketika membuat program yang sederhana, untuk kebutuhan intern pembaca.

Sangat dianjurkan bagi pembaca tutorial ini, terlebih dahulu harus menguasai program Autocad, sebelum menjalankan program Autolisp, karena apabila anda tidak mengerti sama sekali tentang Autocad, niscaya akan menemui kesulitan bila memaksakan mempelajari tutorial ini, dan apabila anda setelah membaca tutorial ini masih mendapat kesulitan, ketika akan mengaplikasikannya , segera menghubungi penulis dengan alamat.

1). mteybid@yuasabattery.co.id
2). adesu@telkom.net
3). adesu_cad@yahoo.com

Aktif di forum sangat dianjurkan, khususnya yang berhubungan dengan Autolisp, dengan anda aktif di suatu forum yang membahas perihal Autolisp, maka anda bisa menanyakan kepada seseorang ataupun sekelompok, permasalahan yang anda hadapi, pertanyaan anda akan tersebar keseluruh dunia maya, hal ini akan dibaca oleh programmer pemula maupun yang sudah mahir, yang pasti jawaban dari mereka akan anda dapat dengan beragam pendapat. Dan seandainya anda telah menguasai program ini, tentu saja anda bisa membantu seseorang yang merasa kesulitan ketika membuat sebuah program, kemampuan anda akan di hargai oleh orang lain.

  • http://igun.web.id @kang i-GUN

    Wah kang ade dah mualai neh .. Lanjut kang .. :D

  • http://cadesu.multiply.com/ Adesu

    Trima kasih atas komennya, silahkan simak dan mudah-mudahan makin banyak jago-jago lisp.

  • http://www.indahimage.cjb.net IndraUmbara

    hmm… boleh juga kang ade kebetulan saya dulu pernah coba tapi sekarang udech lupa caranya, untung ada kang ade jadi ingat lagi nich… semoga forumcad makin jaya..

  • fabian

    nama : Fabian
    Job : Drafter

  • Amril

    apa beda alisp dengan V Basic

  • abah zahra

    assalammualaikum

    abah adesu dah sembuh ??

  • Rafijrin

    IZIN copy abah tutorialnya sangat membantu…

  • gaspar

    saya belum pernah menggunakan Autolisp tai saya tertarik untuk mempelajarinya., untuk pemula seperti saya mulai dari manakah saya harus mempelajari program ini soalnya masih buta., mohon masukannya.,

    makasih pak ………