Optimalkan Tombol Kanan Mouse Anda

Bagi para pengguna AutoCAD yang  telah lama menggunakannya dari sebelum versi 14 tentu terbiasa dengan menggunakan tombol kanan mouse sebagai fungsi tombol enter. Bahkan pada masa AutoCAD 13 kebawah, mouse dengan tiga tombol sangat difavoritkan para pengguna AutoCAD karena fungsi object snap dapat diaktifkan dengan klik pada tombol tengah tanpa harus menekan Shift + Klik kanan.
Saat ini fungsi klik kanan paada AutoCAD sangat banyak sekali. Dengan klik kanan kita bisa memunculkan shortcut menu dengan option yang sangat berguna. Apalagi pada versi terbaru, option yang diberikan lebih interaktif. Bahkan kalau perlu, option pada shortcut menu ini bisa kita kita customize.  Oleh karena itu sayang sekali kalau tombol kanan mouse kita tidak digunakan dengan optimal

klik-kanan

Mengatur fungsi tombol kanan
Untuk mengatur fungsi tombol kanan mouse dapat dilakukan melakui menu Tools > Options  atau ketikan OPTIONS pada command line. Kemudian pilihlah tab ‘User Preferences’ lalu klik pada tombol ’Right-click Customization…’

Pada diaglog box ini kita bisa mengatur fungsi klik kanan pada tiga mode.

  • Default mode: Fungsi klik kanan ketika tidak ada objek yang dipiliih
  • Edit Mode: Fungsi klik kanan ketika satu atau lebih objek dipilih
  • Command Mode: Fungsi klik kanan ketika ada perintah AutiCAD dalam proses

Selain itu kita juga dapat membedakan fungsi klik kanan berdasarkan lamanya kita menekan tombol kanan mouse. Ini disebut dengan ’Time-sensitive right-click’. Aktifkanlah mode ini dan atur waktunya (dalam millisecond).

Aturlah fungsi-fungsi tersebut sesuai kebutuhan anda. Mungkin bagi yang terbiasa dengan fungsi lama tidak ada salahnya untuk mencoba merubah sedikit kebiasaannya. Dengan mengatur fungsi tombol klik kanan seecara optimal maka anda pun bisa menggambar dengan lebih efektif.

Semoga bermanfaat – igun –

  • http://tentangcad.com Edo

    Melengkapi dikit ya…
    Menu yang muncul saat klik kanan ini namanya ‘context menu’. Karena menu yang muncul sesuai kondisi, posisi, dan jenis objek yang terpilih.
    Selain mengklik kanan saja, bisa divariasikan dengan [shift] atau [ctrl] untuk context menu ‘snap’…
    Lebih jauh, kalau mau bikin command sendiri, bisa diutak-atik di CUI.
    Memang penggunaan context menu ini masih kurang :) Padahal sangat membantu lho…

  • gowest

    pingin nanya..kalau kita buat 1 program autolist, dan kita mau auotolisp kita terbaca oleh orang lain, gimana ya caranya?

  • udaaf

    file yang dibuat dengan Visual LISP nanti jadinya dalam format *.lsp itu aja yang dikasiin ke orang lain.

  • http://tentangcad.com Edo

    Buat Gowest,
    Mungkin kalau diskusi, terutama yang tidak berkaitan dengan posting di kirim di forum aja biar enak ya…

  • igun

    betul sekali mas edo.. ‘context menu’ ini sangat membantu. Saya sendiri awalnya males menggunakannya karena sudah terbiasa dengan versi lama. Tapi setelah mencoba.. ternyata asik banget
    makasih tambahannya

  • http://tentangcad.com Edo

    Klik kanan memang jarang digunakan karena banyak yang lebih suka pake ‘command line’… Tapi klo tau triknya, pake context menu gak kalah cepet kok. Ada shortcut key-nya juga… Gak harus nggerakin mouse ;)
    Ini trik yang saya pake buat snap:
    http://tentangcad.com/2007/11/snap-override-dengan-shift-klik-kanan/

  • http://cadesu.multiply.com/ Adesu

    “pingin nanya..kalau kita buat 1 program autolist, dan kita mau auotolisp kita terbaca oleh orang lain, gimana ya caranya?”
    Mungkin yang di maksud Mas Gowest,bisa bikin program Autolisp, tapi kode tersebut tidak terbaca oleh orang lain, yaitu di compile.
    Soalnya sangat aneh orang yang sudah bisa bikin program,tapi ingin programnya terbaca oleh orang lain???