Memeriksa program dari kesalahan

Kesalahan membuat program merupakan pekerjaan rutin setiap programer , tanpa disengaja program yang dibuat kadang kala mengandung kekeliruan, entah kekeliruan itu disengaja atau karena keliru menempatkan kode, kekeliruan ini sering membuat seorang programmer menjadi bingung sendiri, apalagi kalau pengetahuan mengenai cara mencari solusinya masih kurang, akan menjadi boomerang bagi dirinya sendiri, termasuk penulis sendiri ketika membuat program, sulit memecahkan kekeliruan itu, akhirnya program tersebut ditinggal. Aktip di forum adalah salah satu solusi yang paling jitu, seseorang yang mengerti Autolisp tampa dibantu itu, niscaya akan banyak menemui kesulitan, karena satu persoalan yang kita hadapi , bila di pertanyakan pada forum terkait akan mendapat respon yang luar biasa, sebab di forum akan dibaca oleh semua orang yang berada di seluruh dunia.

Untuk mencoba sebuah program yang salah, akan kita praktekan dan sebagai sampelnya, kita ambil dari gambar ini, perlu diketahui proses memeriksa kode yang salah ada beberapa cara. Dengan cara individual artinya memeriksa baris demi baris, dan cara global artinya setelah program selesai seluruhnya, satu lagi melalui check text in editor ini mengecek keseluruhan program, dibawah ini kita akan mulai secara bertahap proses melihat kekeliruan dari sebuah program , dengan berbagai cara , sebaiknya harus mengetahui dulu ikon mana saja yang bisa dipakai untuk memeriksa kode tersebut, untuk lebih jelasnya lihat fungsi ikon dibawah ini.

Cara individual

Keterangan Gambar: Tombol load Selection

Ikon Load selection berfungsi untuk menguji program perbaris, lihat gambar diatas, kita akan mencoba antara sebaris program yang benar dan yang salah.

Keterangan gambar: Tulis sebuah kode di Visual lisp console

Ketiklah kode tersebut pada visual lisp console editor yang baru, yaitu dengan cara klik ikon new file, langkah selanjutnya jadikan kode tersebut di blok, seperti dibawah ini.

Keterangan gambar: Sebuah kode yang telah di blok

Kemudian klik ikon “Load selection”, seketika itu pula hasilnya akan diketahui pada build output editor, ini menunjukan hasil yang benar, artinya kode tersebut benar secara struktural

Keterangan gambar: Hasil akhir dari kode yang di test

Lantas kemudian buatlah sebuah kode yang sengaja disalahkan, kode diatas salin kembali , tetapi tanda kurung kurawalnya pada akhir kode, supaya dikurangi satu buah, lakukan blok dengan cara tekan kursor sebelah kiri terus geser sampai akhir kode, akan kita coba dan melihat sejauh mana pengaruhnya dan hasilnya.

Keterangan gambar: Kurung kurawal pada akhir kode dibuang.

Lakukan klik pada ikon load selection, hasilnya lihat dibawah ini.

Keterangan gambar: Hasil akhir bila kode kurang kurung tutupnya.

Keterangan yang didapat dari test internal adalah “ error : malformed list on input ”, artinya list pada input bentuknya tidak benar, kita masih perlu lebih banyak lagi melihat kesalahan pada kode, coba amati kode yang dibawah dan perhatikan apa saja yang terjadi bila dari kode tersebut ada salah satu huruf yang sengaja dihilangkan.

Keterangan gambar: Bermacam-macam kode yang keliru, dan hasilnya

Kode diatas adalah melihat kekeliruan yang terjadi pada variabel, dan kita akan lakukan pula pada perintah command, dan bagaimana akan terjadi, mari kita lihat perubahannya.

Keterangan gambar: Contoh fungsi command yang keliru.

Cara global

Perlakuan untuk menguji kesalahan secara global, sama seperti pengujian untuk individual, yaitu dibuat blok dulu seluruh kode, dan kemudian klik ikon “Load selection”. Pada gambar berikut, kita coba kurung tutup pada akhir program dibuang, dan lihat apa yang terjadi

Keterangan gambar: Memperlihatkan bila kurung penutup dibuang.

Keterangan gambar: Memperlihatkan hasil dari pengujian global

Berikut ini di bagian baris ketiga , kita sengaja kurung tutup dilebihkan , amati kembali hasilnya.

Keterangan gambar: Pada baris ketiga tanda kurung di lebihkan.

Keterangan gambar: Pesan salah ditampilkan, kelebihan tanda kurung.

Baris ke empat sebelum kata “command” kurung bukanya dibuang

Keterangan gambar: Sebelum kata command tanda kurung bukanya dibuang.

Keterangan gambar: Hasil akhir dari pengujian

Di baris pertama setelah kata “test” kurung bukanya dibuang

Keterangan gambar: Tanda kurung buka setelah kata test di buang.

Keterangan gambar: Hasil akhir dari pengurangan kurung

Kurung buka sengaja ditukar dengan kurung tutup, yang terletak setelah kata “test”.

Keterangan gambar: Kurung buka ditukar dengan kurung tutup.

Keterangan gambar: Hasil test dari kurung ditukar

Check text in editor

Meletakkan spasi setelah kata “c:”, apa yang akan terjadi setelah program tersebut di uji, caranya arahkan kursor ke menu Tools, arahkan lagi ke “check text in editor”, lanjutkan tekan tombol enter.

Keterangan gambar: Menyisipkan spasi antara “C:” dengan “test”

Keterangan gambar: Hasil test dengan “check text in editor”.

Kemudian kursor ditempatkan pada awal kata “error” dari gambar diatas, dan di klik dua kali, secara otomatis sesi akan berubah ke program tadi, dengan kondisi seluruhnya di blok.

Keterangan gambar: Perlakuan dari gambar hasil test, semua kode menjadi di blok

Disini kita masih bingung karena seluruh program dalam keadaan di blok tanpa menunjukan letak kesalahan, ini artinya kekeliruan di program tersebut berada diseluruh program.

Tetapi anda jangan mudah menyerah, amati lagi hasil pengujian tadi, disitu tertulis kata “ error: bad DEFUN syntax: (C: TEST (/ P1 P2)(SETQ P1 ( … )) … ) ”, artinya kekeliruan berada pada pesan itu, amati dengan jeli , apakah sintak menulis program sudah sesuai dengan aturan yang telah ditulis di atas.

Sebagai acuan, bila menulis kode “ c:test “, jangan menggunakan spasi antara huruf “c” dengan huruf “ : “ serta dengan nama panggilan untuk kode ( test) tersebut.

Lanjutkan dengan contoh lain, kita akan coba bagaimana kalau salah satu kurung tutupnya dikurangi satu, dan melihat apa yang terjadi.

Keterangan gambar: Kurung tutup pada variabel p2 di buang

Keterangan gambar: Hasil pengujian dari kurung dibuang

Arahkan lagi kursor kita ke huruf yang diblok tadi, lihat hasilnya , pasti masih tetap seperti yang diatas, seluruh program masih di blok lagi, yang berbeda hanyalah keterangan dari hasil pengujian itu, sekarang kekeliruan menampilkan pesan “error: malformed list on input”, kata tersebut menandakan kepada kita bahwa pada program itu ada salah satu baris yang tidak beres, mungkin kekurangan tanda kurung ataupun bisa kelebihan tanda kurung, harap anda melihat baris perbaris dengan jeli.

  • http://www.godsaveshella.co.cc/ shella

    halo kk.. saya dapet tugas kuliah.. tugasnya yaitu mencari kesalahn coding variable program pada web(disini saya suruh memilih web mana saja) setelah saya baca artikel kk saya sedikit mengerti tapi saya engga ngerti cara mencari keslahanya memakai sofware apa??tolong ya kk bantuin saya secepatnya