Membuat Program Pertama

Merancang sebuah program

Program bisa bekerja kalau format programnya telah benar, artinya didalam susunan baris ke barisnya telah sesuai aturan program Autolisp, dan tidak terdapat kekeliruan.

Seting snap dalam Autocad, dapat menyebabkan pekerjaan Autolisp menjadi berantakan, ide yang sangat baik, bila saklar snap selalu dalam keadaan mati, ketika program mulai bekerja dan dihidupkan ketika perlu, fungsi blip pada layar monitor harap dimatikan pula, perlu diingat, kembalikan seting Autocad ke asal ketika program telah selesai bekerja.

Penulis akan memperlihatkan cara membuat program, dengan yang sederhana kemudian berlanjut sesuai keperluannya, pertama sebuah contoh bagaimana cara membuat sebuah garis lurus, dari kordinat (0,0,0) ke kordinat (10,0,0).

Kembali ke visual lisp console, di klik ikon yang bernama “New File”, kemudian salin rumusan pada gambar di bawah ini, pada saat mengetikan huruf atau angka dan kurung kurawal, seketika warna tampilan akan otomatis berubah sesuai aturan pada table 1, setelah selesai segera lakukan save, dengan nama Test.lsp.

Keterangan gambar: Membuat program ketika pertama kali sebelum di save

Keterangan Tabel: Perubahan warna huruf ketika dibuat di Visual Lisp Console (klik untuk melihat gambar besarnya)

Meloading program

Ada dua cara untuk meloading sebuah program, kedalam sesi Autocad, serta ada yang permanen dan ada pula yang sementara.

Permanen

Untuk yang permanen ikuti petunjuk, anda dapat mengakses menu AutoCAD tools>load application… Ini akan membuka kotak dialog load/unload application.

Langkah selanjutnya adalah lakukan klik pada tombol “Contents..” yang akan membuka dialog startup suite. Tekan tombol “Add”, lakukan pencarian dimana disimpannya file yang anda simpan tersebut, setelah ketemu, tekan add dan tekan selanjutnya close sampai dialog tersebut tutup.

Pada sesi lain, lakukan untuk menetapkan agar Autocad selalu membaca ketika setiap saat dibuka, arahkan kursor ke menu “Tools”, kemudian pilih “Options” dan di klik, akan timbul dialog Options.

Pilih tanda”+” dan di klik pada “Support File Search Path”, folder tersebut akan terurai kebawah, disebelah kanan dialog cari tombol add yang berada dibawah tombol browse, kemudian lakukan tekan tombol “Add”, bagian akhir atau paling bawah support file search path tadi , akan terbentuk sejenis kotak kosong, tekan lagi tombol ”Browse” maka dialog berikutnya akan muncul, cari lagi file yang anda simpan, tetapi disini bukan mencari filenya, hanya mencari lokasi folder tempat file tersebut disimpan, setelah diketemukan tekan tombol ok, dan lanjutkan dengan menekan tombol “Apply” ikuti dengan tekan tombol “OK”.

Sementara

Meloading kode untuk sementara, yaitu dengan cara , buka “visual lisp console editor”, buka file “Test.lsp”, setelah terbuka cari ikon yang bernama “Load active edit window”, tekan tombol tersebut, dan seketika editor berubah ke “Visual lisp console”, dengan menampilkan

; 1 form loaded from #
_$

Keterangan diatas menyatakan, bahwa pada drive F dengan folder Test, dan nama file Autolispnya Test.LSP, telah dilakukan loading.

Ini bukti bahwa anda telah meload sebuah program, ke Autocad seperti nama yang terlampir di atas.

Mencoba program

Sekarang Autocad sudah siap untuk menerima perintah yang anda masukan, yang harus diketahui oleh setiap pemakai cad, adalah perintah apa yang harus dimasukkan ke command prompt, kembali lagi kita ke kode Autolisp yang telah ditulis.

Keterangan gambar: Tanda panah menunjukan nama kode dari program itu.

Lihat tanda panah warna biru, menunjuk pada kata “test”, selalu diletakkan setelah kata “c:”, itu adalah kode yang harus anda ingat , ketika akan menguji sebuah program.

Ketik kata “test” pada command prompt, lanjutkan dengan menekan tombol enter, amati hasilnya dan apa yang terjadi, seketika timbul di layar monitor sebuah garis lurus , dari kordinat 0,0 sampai dengan kordinat 10,0

  • http://www.ichens.co.cc candra

    saya ingin belajar autocad dengan lancar dan tepat..!!!
    tolong kirim kan info belajar terlengkap autocad 2006..
    yang tepat dan mudah saya pelajarin…
    terima kasih …!!!

    • Muh_Nz13

      ohm dimana ohm dapat CAD

    • ari

      saya mintak tolong

  • yulianto

    ehm,aku pengen jadi programer yang handal. apa ada cara termudah untuk membuah program apa saja yang kita kehendaki? makasih…
    tlong djwab beserta caranya.

  • yatno mandor bangunan

    Assalamualaikum….
    saya pengen bisa AUTOCAD

    berapa harga dvd tutorial komplit sampai mahir.

    hubungi saya: 081383343257

    trimakasih
    Wasssalam…

  • Jejak Service PC

    Terima Kasih telah membagikan ilmu anda, Informasi yang

    sangat berguna dan bermutu. mari kita saling kenal jauh

    melalui jaringan blogspot ini dengan saling follow

    Follow di blog saya : http://jejakservicepc.blogspot.com/

    semoga kita bisa saling berbagi ilmu yang tiada hentinya

    mengalir dalam dunia ini.

  • gilang irfansyah

    program untuk pemula yg paling cocok itu apa ya ? tolong infonya :)

    • http://solusicad.com/ sugeng marjono

      saya sarankan AutoCAD, yang merupakan “IBU” dari semua program CAD

  • madi

    pak tolong lah saya…
    saya belum tau tentang software untuk menggambar cross dan long pada jalan raya dari data ukur surveyor…
    yang menggunakan koordinat pak…
    ini alamat email saya pak madywk@gmail.com
    terima kasih…

  • Az Min

    Pak gmn cara ngeprint diaotocad scara bnyak gk satu2 blocknya