MEMBUAT ASBAK

Bagi drafter pemula untuk memulai gambar 3D pasti akan merasa bingung, karena masih minimnya pemahaman dan konsep pada pada ruang 3D, saya akan coba membantu anda untuk memulai pemahaman ini.

Kita akan coba membuat benda yang berupa asbak, yang tentu saja benda ini tidak asing lagi bagi semua orang, mari kita buat asbak yang berbentuk bulat dengan 4 buah tempat menaruh puntungnya dan lubang tempat abunya.

Tampilan pertama yang anda lihat pasti seperti ini

acad_interface.jpg

Lihat bentuk ikon pada pojok sebelah kiri, yang hanya menampilkan symbol “Y” (tanda panah garis ke atas) dan “X” (tanda panah garis ke kanan), sementara nilai “Z” nya tidak di tampilkan, itu pengertiannya z ada di atas, serta perhatikan bentuk tampilan kursor ada kotak kecil dengan garis melintang.

Pertama kita harus merubah lokasi pandang bidang gambar.
Di klik menu view > 3DViews > Viewpoint Presets.. > Pilih absolute to WCS.

vpoint.jpg

Disini anda bisa memilih opsi apakah mau sistim klik atau masukin data, bila anda pilih sistim klik, ya langsung saja di klik lingkaran yang tengah (gbr sebelah kiri), atau klik bagian luarnya yang di lengkapi dengan angka derajat, kalau anda meng klik bagian dalam anda bisa mendapatkan pilihan derajat lebih presisi, tetapi nilai derajatnya tidak tahu, cara lain meng klik bagian luar yang ada angkanya ini pun hanya bisa sesuai pilihan angka.

Dengan cara masukin data anda hanya mengisi angka pada kotak “X Axis” dan “XY Plane”, dengan nilai sekehendak anda sendiri.
Di klik angka 315 dan 10 bagian atas (gbr paling kanan) > OK, maka tampilan akan berubah seperti ini

interface 3d.jpg

Bandingkan gbr di atas tadi yang 2D dengan yang ini, maka akan terlihat sumbu “Z” nya yang menghadap ke atas, serta bandingkan pula bentuk tampilan kursornya.

Kita mulai menggambar sebuah lingkaran pada kordinat 0,0 dengan diameter 10

lingkaran.jpg

Lingkaran tersebut di extrude dengan ketinggian 5

silinder1.jpg

Buat lingkaran lagi dengan dengan letak kordinat yang sama, tapi dengan diameter 7

lingkaran2.jpg

Kemudian lingkaran tersebut di move dari kordinat 0,0,0 ke kordinat 0,0,1.5

move lingkaran2.jpg

Selanjutnya lingkaran itu di extrude dengan ketinggian 5

silinder2.jpg

Lakukan dengan fungsi subtract, kurangi objek paling luar dengan paling dalam, sehingga menjadi

subtract.jpg

Sekarang anda akan membuat tempat menaruh rokok, lakukan seperti ini
Buat lingkaran kecil di posisi center lingkaran atas dengan diameter 1.5

lingkaran3.jpg

Lingkaran kecil tersebut di extrude dengan ketinggian sama denagn diameter lingkaran besar

silinder3.jpg

Kemudian lingkaran kecil itu di rotate3d, supaya posisinya menjadi terlentang

rotate3d.jpg

Langkah selanjutnya gunakan fungsi array dengan polar sebagai acuannya

array.jpg

Pake fungsi subtract untuk mengurangi objek utama dengan lingkaran yang terlentang

subtract2.jpg

Rubah objek tersebut dengan menggunakan properties, agar semua tampilan menjadi warna pilihan anda.
Fungsikan perintah shademode dan pilih “g”

final result.jpg







  • sobo kastowo

    bagus, bisa membantu belajar 3d, apalagi kalau ada tahapannya, dari dasar hingga lanjutan.

  • http://cadesu.multiply.com/ Adesu

    Mas Sobo kastowo,
    Terima kasih atas komennya, mudah-mudahan ada penulis lain yang akan membahas lebih detil

  • Yudz

    wah.. terima kasih banyak ya bro., saya jadi bisa ngebuatnya.. ada latihan lain gak mas buat objek 3d.. thanks a lot