Lebih Jauh dengan Dinding (1)

Anda telah mempelajari bagaimana meletakkan dinding di Revit Architecture. Di bagian ini, anda akan mempelajari lebih jauh tentang tipe dan properti dinding.

Mendefenisikan Sisi Eksterior dan Interior

Cobalah anda pilih salah satu dinding yang ada. Anda akan melihat simbol flip, yang sama seperti pada pintu dan jendela. Simbol ini berada di sisi eksterior dinding.

Jika anda mengklik simbol ini, maka sisi eksterior akan tukar dengan sisi interior. Cobalah periksa dinding eksterior anda, dan jika terdapat sisi eksterior yang tidak sesuai, flip untuk membenarkannya.

Kita akan mencoba membuat dinding yang memiliki finishing yang berbeda di bagian eksterior dan interior di bagian lain.

Mengenal Tipe Dinding

Di bagian ini anda akan mengenal lebih jauh tentang properti dinding. Perhatikan dinding anda. Dinding ini masih terdiri dari satu lapis struktural, dengan tebal 200 mm. Dinding ini tidak banyak digunakan di Indonesia. Kita akan coba tipe dinding lainnya. Simpanlah file anda sekarang.

Bukalah 3D view. Pastikan tool modify aktif.

Pilihlah seluruh objek yang ada dengan mengklik dan menarik mouse anda.

Klik filter selection. Pada dialog yang muncul selanjutnya, non-aktifkan door dan window. Klik OK. Door dan window akan dikeluarkan dari pilihan sebelumnya.

Dari type selector, pilihlah tipe dinding Basic Wall:Exterior – Brick on Mtl. Stud. Ubah detail representasi drawing anda menjadi fine. Perhatikan bahwa dinding tipe ini memiliki beberapa lapis struktur dan finish. Coba juga periksa bagaimana dinding ini tampak pada denah.

Anda mungkin harus melakukan zoom lebih dekat untuk melihatnya lebih jelas.

Perhatikan jika anda tidak mendefenisikan sisi eksterior dan interior dengan benar, finishing akan tampak pada sisi yang salah.

Cobalah ubah kembali dinding ke jenis-jenis dinding lain. Revit memiliki beberapa jenis dinding standar, termasuk curtain wall. Anda mungkin akan memperoleh peringatan-peringatan error. Abaikan saja peringatan tersebut.

Tutuplah file ini dengan mengakses menu file>close. Saat Revit menanyakan apakah anda ingin menyimpannya, pilih No. Anda akan menggunakan lagi file ini untuk latihan selanjutnya.

  • amien

    mas.. yang ini di mana letag nya ?

    Ubah detail representasi drawing anda menjadi fine. :-)

  • amien

    1 lagi… :-D