Fungsi Input (1)

Entsel

Entsel adalah kepanjangan dari Entity selection, atau lebih jelasnya, menyeleksi sebuah entiti dari suatu objek, yang didapat dari entsel ini adalah nama entity dan kordinat, ketika kursor memilih objek, lihat contoh dibawah ini.

01 - penggunaan entsel.jpg

Keterangan gambar: Sebuah fungsi entsel ketika digunakan.

Pada baris pertama perlu diingat, ketika membuat sebuah pertanyaan, harus selalu diikuti dengan “n” , ini akan menunjukan pada kita bahwa pertanyaan tersebut selalu diletakkan pada alinea baru.
Hasil dari pertanyaan diatas terdapat pada baris kedua, mencakup bagian depan adalah nama entiti dan bagian terakhirnya adalah letak kordinat ketika kursor kita di klik.

Entsel dengan car

Kalau ingin mendapatkan hanya entity saja, tambahkan “car” pada pertanyaan tersebut , car adalah Contents of the Address Register , atau kira-kira daftar isi alamat.

02 - Entsel with CAR.jpg

Keterangan gambar: Fungsi car yang digabung dengan entsel akan mendapatkan nama entity dari objek .

Entsel dengan cdr

Dan kalau menginginkan hanya hasil terakhirnya saja, atau letak kordinat ketika kursor di klik, gantilah “car” menjadi “cdr”, cdr adalah pengertian dari Contents of the Decrement Register, ikuti seperti ini.

03 - Entsel with CDR.jpg

Keterangan gambar: Ketika fungsi cdr digabung dengan fungsi entsel, akan mendapatkan lokasi ketika kursor mengenai objek.

Entlast

Mendapatkan nama entity yang terakhir dibuat oleh fungsi command, dari kode yang terdapat pada gambar 6.063 , setelah program command berakhir tambahkan ” (setq el (entlast)) “.

04 - Entlast.jpg

Keterangan gambar: Entlast adalah sebuah fungsi yang didapat setelah Autocad melakukan fungsi pengerjaan.

Entlast adalah dari kata Entity last, fungsi ini banyak sekali digunakan dalam program Autolisp, khususnya setelah Autocad membuat sesuatu.

Getpoint

Selain bentuk quote atau ” ‘ “, untuk mendapatkan nilai suatu kordinat , bisa digunakan getpoint, getpoint bisa dipakai dua cara , pertama setelah pertanyaan tersebut muncul langsung diklik di area gambar, kedua langsung masukan kordinat pada pertanyaan tersebut.

Bentuk syntax untuk getpoint adalah
(getpoint keterangan)

05 - Getpoint.jpg

Keterangan gambar: Getpoint ketika dicoba dengan menggunakan kursor sebagai data input akan menampilkan kordinat.

06 - data getpoint.jpg

Keterangan gambar: Data getpoint ketika memasukan input melalui pengetikan bukan data dari kursor.

Getpoint dengan variabel

Bentuk syntax untuk getpoint adalah
(getpoint keterangan)

Getpoint berfungsi untuk mendapatkan poin atau kordinat di area gambar, pada gambar di bawah terlihat setelah kata getpoint diikuti dengan p1, ini tujuannya agar garis tarik dari variabel p1 terus mengikuti kemana arah kursor digerakkan. Getpoint beda dengan list atau quote, getpoint lebih bebas menentukan nilai variabel yang dikehendaki oleh penggunanya.

07 - getpoint dengan variabel.jpg

Keterangan gambar: Tampilan getpoint dengan batuan variabel lain.

Getpoint dengan strcat

Bentuk syntax untuk getpoint adalah
(getpoint keterangan)

08 - getpoint dengan strcat.jpg

Keterangan gambar: Strcat berfungsi untuk menghubungkan antara dua kalimat yang terputus

Getpoint dengan itoa

Bentuk syntax untuk getpoint adalah,lihat gambar di atas.
(getpoint (strcat keterangan (itoa p1))

Getreal

Nilai sebenarnya bisa didapatkan dengan memakai “getreal”, sebagai contoh didalam program Autolisp untuk mendapatkan nilai ada dua cara, yaitu getreal dan getint, getreal untuk nilai angka yang mengandung koma 1,5 atau 5,234 dan lain-lain.

09 - getreal.jpg

Keterangan gambar: Tampilan getreal dengan hasilnya, hati-hati kalau menggunakan ini bila dipakai untuk fungsi array

Getint

Bilangan bulat harus menggunakan getint, seperti 2 , 3 , 4 dan segala sesuatu yang tidak mengandung koma, rumusannya seperti dibawah ini, getint asal mula dari kata get integer.
Bila memasukan data berupa bilangan real, maka akan timbul keliru, program akan menanya ulang, khususnya dipakai untuk fungsi array.

10 - getint.jpg

Keterangan gambar: Aplikasi fungsi getint pada program.

Getdist

Jarak nilai ukuran selalu digunakan getdist, hasilnya bisa berupa bilangan real (ada komanya) ataupun bilangan bulat (tampa koma), getdist singkatan dari get distance.

11 - getdist.jpg

Keterangan gambar: Getdist ketika digunakan untuk memasukan data nilai

Getcorner

Getcorner sesuai namanya, adalah untuk mendapatkan poin sebelah atau seberang pojok dari poin yang terdahulu, ini berarti getcorner akan bekerja kalau telah mendapatkan titik kordinat terlebih dahulu, sebagai patokan untuk membentuk kotak yang diinginkan oleh pemakai.

12 - getcorner.jpg

Keterangan gambar: Fungsi getcorner digabung dengan variabel lain.

Getstring

Masukan dari pengguna bisa berupa angka ataupun huruf, atau bisa kemungkinan campuran, getstring adalah salah satu untuk memasukan data dari pengguna. Kalau data masukan mengandung spasi tambahkan setelah kata getstring dengan “T”

Getstring dengan strcase

13 - getstring dengan strcase.jpg

Keterangan gambar: Hasil akhir tampil menjadi semua huruf besar.

Getstring dengan T

Bila data yang dimasukan mengandung spasi, tambahkan huruf “T” setelah fungsi getstring.

14 - getstring dengan t.jpg

Keterangan gambar: Tampilan getstring dengan fungsi t

Getstring dengan strcat

15 - getstring dengan strcat.jpg

Keterangan gambar: Strcat digabungkan dengan getstring.

Getangle

Getangle adalah sebuah fungsi Autolisp untuk mendapatkan besarnya sudut dalam satuan radian, antara dua titik kordinat, dengan salah satunya titik kordinatnya menunggu aksi dari pemakai.

16 - getangle.jpg

Keterangan gambar: Tampilan getangle beserta hasilnya.

Getkword

Getkword selalu dipasangkan dengan fungsi lain, diantaranya fungsi “initget”, pemakai tidak bisa memasukkan kata lain selain yang telah diset oleh initget, bila fungsi getkword tidak memakai fungsi initget, maka fungsi tersebut tidak akan berfungsi dengan baik, dan akan menanyakan kembali pertanyaan tersebut, dengan terlebih dahulu mengirimkan fungsi error, yaitu “Invalid option keyword”, jadi fungsi getkword membutuhkan fungsi tambahan sebelum kata getkword ditempatkan.

17 - getkword.jpg

Keterangan gambar: Tampa fungsi initget fungsi getkword tidak akan jalan.

Keuntungan lain menggunakan fungsi getkword adalah, bila pemakai memasukan, kata cuma “Ad” saja , fungsi tersebut akan langsung merespon dan memberikan jawaban menjadi “Ade”, atau pemakai cuma memasukan hanya huruf “A”, respon yang akan muncul menjadi lengkap “Ade”.

18 - getkword dan getinit.jpg

Keterangan gambar: Penggabungan fungsi initget dengan fungsi getkword, kelebihan fungsi getkword adalah ketika pemakai hanya memasukan satu huruf, khususnya bagian depan, fungsi tersebut sudah bisa merespon.

Tetapi bila pemakai memasukan kata diluar kata yang terdapat pada fungsi initget, langsung akan muncul pesan error, lihat contoh dibawah ini

19 - error initget.jpg

Keterangan Gambar: Error akan muncul bila pemakai memasukan data diluar dari batasan fungsi initget.

(bersambung ke bag. 2)

  • http://cadesu.multiply.com/ Adesu

    Hebat Mas Edo udah bisa nulis lisp…….:)

  • http://tentangcad.com Edo

    Wah… sori mas Ade…
    Lupa ganti namanya pengarangnya. Soalnya sekarang saya nyoba posting pake blogging client, biar bisa nulis offline dulu… Jadi kelupaan :D