AutoCAD Object Selection [basic]

da artikel sebelumnya telah dibahas mengenai AutoCAD QSelect oleh Mas Edo. Berikut saya uraikan AutoCAD Object Selection yang merupakan dasar pemilihan objek pada AutoCAD.

Memilih objek pada autocad merupakan bagian dasar yang sangat penting. Semua perintah modifikasi objek pada AuotCAD mengharuskan kita memilih satu atau lebih objek pada gambar. AutoCAD akan meminta kita untuk memilih objek dengan memunculkan “Select objects: ” pada command line. Pada layar pun kita akan melihat perubahan kursor dari bentuk ‘crosshair’ menjadi ‘pickbox’.

Gambar sebelah kanan menunjukkan AutoCAD siap memilih objek. Objek yang telah dipilih akan ditandai menjadi ‘higlighted objek’ dengan bentuk garis putus-putus.

Melilih langsung dengan mengklik objek
Cara ini paling sering digunakan terutama untuk memilih objek tunggal.  Milsalnya pada perintah ‘ERASE’

Command: ERASE <enter>
Select objects: <saatnya memilih objek>

pick object

Window
Untuk menggunakan metoda ini kita ketikan ‘W’ pada baris ‘Select objects: ‘. Selanjut nya kila membuat kotak (persis seperti membuat ‘RECTANGLE’) dengan menentukan 2 titik diagonal sebagai area pilihan kita. Objek yang seluruh bagiannya masuk pada area terebut akan dipilih.

Command: ERASE
Select objects: W
First corner: (tentukan titik diagonal 1)
Specify opposite corner: (tentukan titik diagonal 2)
Select objects:

window

Crossing Window
Metoda ini mirip dengan metoda window, yang membedakan adalah hasil pemilihan objeknya. Untuk menggunakan metoda ini kita ketikan ‘C’ pada baris ‘Select objects: ‘. Selanjut nya sama dengan metodawindow. Objek yang dipilih pada metode ini ada lah semua objek yang terkena area pilih baik seluruh bagian atau pun hanya sebagian saja. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gmbar berikut.

Gamnbar gif

Command: ERASE
Select objects:
C
First corner:
(tentukan titik diagonal 1)
Specify opposite corner: (tentukan titik diagonal 2)
Select objects:

cross

Fence
Untuk menggunakan metoda ini kita ketikan ‘F’ pada baris ‘Select object:’. Selanjutnya untuk memilih objek kita membuat garis. Setiap objek yang terlintasi garis tersebut akan dipilih.

fence

Select objects: F
First fence point: (tentukan titik pertama)
Specify endpoint of line or [Undo]: (tentukan titik selanjutnya)
Specify endpoint of line or [Undo]: (tentukan titik lainnya atau tekan enter untuk mengakhiri fence)
Select objects:

Window polygon
Pemilihan objek dengan cara ini sama persis dengan metoda window hanya saja bentuk window nya berupa  polygon. Untuk menggunakan metoda ini kita ketikan ‘WP’ pada baris ‘Select object:’.

window polygon

Crossing polygon
Sama dengan window polygon, area pilihnya berupa polygon hanya saja pemilihan objeknya sama dengan crossing window. Untuk menggunakan metoda ini kita ketikan ‘CP’ pada baris ‘Select objects:’

Previous – Last
Untuk memilih objek sebelumnya kita dapat ketikan ‘P’ pada baris ‘Select objects:’ atau ketikan ‘L’ untuk memilih objek yang terakhir dibuat.

All
Dengan mengetik ‘ALL’ pada baris ‘Select object:’ kemuian tekan enter berarti kita memilih semua objek

Remove – Add
Untuk menggeluarkan objek dari pilihan kita ketikan ‘R’ pada baris “Select objects: “ maka pada command line akan berubah menjadi “Remove objects: “. Pililah objek yang akan dikeluarkan dari pilihan. Ketikan “A” untuk kembali ke “Select objects: “

add-remove

Object cycling
Pada gambar yang rumit seringkali kita kesulitan meilih objek tunggal yang berimpitan dengan objek lainnya. Untuk itu sambil memilih objek yang kita inginkan tekanlah tombol [Ctrl] dan pada command line akan muncl tanda <Cycle on>. Pilihlah objek tunggal yang kita inginkan, bila sudah tekan enter <Cycle off>.

Undo
Option ini diberikan untuk membatalkan satu pilihan sebelumnya. Ketikan saja ‘U‘ pada baris “Select objects: “ maka AutoCAD akan membatalkan satu step ke belakang.

TIPS
Untuk pemilihan objek dengan window dan cross window, pada prakteknya kita tidak perlu mengetikan ‘W’ atau ‘C’ , kita dapat langsung mengklik layar pada tempat kosong. Bila kita mengklik layar dan kita menggeser mouse ke arah kanan maka secara otomatis AutoCAD akan mendefinisikan sebgai window, dan bila kita mengklik layar kemudian menggeser mouse ke arah kiri maka AutoCAD akan mendefinisikan sebagai cross window. Secara visual kita dapat membedakan window dan cross window dari garis yang yang membentuk area pilih. Pada area pemilihan window garisnya berupa continuous line, sedangkan pada cross window berupa garis putus-putus (dashed). Dengan sering mempraktekan metode ini kita akan terbiasa menggunakan keduanya.

window-cross

Berlatihlah, bisa ala biasa. Dapat juga sekalian memahami AutoCAD QSelect

Semoga bermanfaat – igun -