5 Langkah Mudah Mempersiapkan AutoCAD Plot

Mempersiapkan gambar AutoCAD untuk dicetak sering merupakan proses yang memusingkan bagi pemula. Dan seringkali bagi pengguna senior juga. Saya akan coba membahas cara yang biasa saya ajarkan pada training untuk memudahkan proses pencetakan. Pada cara ini saya menggunakan layout untuk representasi gambarnya.

Untuk anotasi sendiri terserah pada anda, apakah akan menggunakannya pada layout, atau menggunakannya pada model dengan annotation scale.

Sekarang saya asumsikan bahwa gambar yang akan dicetak sudah ada. Jika belum, silahkan dicari contoh gambar yang sudah ada untuk melakukan langkah-langkah berikut.

Atur Unit Kerja

Aturan no. 1 adalah bekerja dengan unit yang sesuai. Jika anda bekerja dengan unit mm, anda harus mengatur UNITS menjadi mm. Jika anda membuat file baru, gunakan template dengan standard ISO.

Perlu diingat bahwa AutoCAD hanya menyediakan skala cetak untuk mm dan inch. Jadi saat ini, gunakan mm untuk menggambar objek dengan ukuran sesungguhnya. Jika menggambar garis 5m, buatlah garis sepanjang 5000mm.

Kelak mungkin anda ingin menggunakan unit m atau bahkan km. Tapi itu cerita lain. Cara ini akan menggunakan semua default AutoCAD.

Atur Ukuran Kertas pada Layout

Selanjutnya adalah mengatur ukuran layout.Klik kanan pada TAB Layout1 (atau nama layout lain yang ingin diubah ukurannya). Pilih page setup manager dari context menu.

Klik modify pada dialog yang terbuka kemudian.

  1. Pilihlah jenis printer dan ukuran kertas yang diinginkan.
  2. Pada bagian what to plot, pilih layout.
  3. Pastikan skala cetak 1:1.
  4. (Optional) Atur plot style table yang akan digunakan.

Klik OK.

Tambahkan Border/Title Block

Jika anda sudah punya border untuk dicetak, dapat insert sebagai block di sini. Sekali lagi, gunakan ukuran dengan skala 1:1. Jadi kalau ukuran kertasnya A1 (841×594 mm), gunakan border dengan ukuran itu dikurangi margin. Misalnya 821x554mm (silahkan mengacu pada standar perusahaan masing-masing).

Posisikan agar terletak pada area yang akan dicetak. Area yang akan dicetak ditunjukkan pada layout dengan garis putus-putus.

Buat dan atur Skala viewport

Langkah terakhir adalah membuat viewport dan skalanya. Buatlah viewport dengan menggunakan MV. Lalu atur skalanya dengan cara yang ditunjukkan pada posting ini. Ada cara lain yang biasa digunakan di AutoCAD versi lama, namun tutorial ini bertujuan supaya yang baca dapat mengatur percetakan semudah mungkin.

Cetak Gambar

Pada dasarnya saat mencetak, tidak ada lagi yang harus anda atur. Periksalah pada plot preview untuk memastikan semua sudah sesuai, lalu klik OK.

Semudah berhitung 1,2,3,4,5!

  • ozin

    Trims banyak ilmunya boss… sangat bermanfaat buat kita2 yg msh blajar auto cad… terutama pada saat mau nyetak gambar atau setting lay out agar sesuai dengan skala. Soale hasil cetakan slalu tidak sesuai dengan skala.

  • Rizki

    Memang untuk urusan plot ini agak “tricky”. Tapi dengan bertambahnya jam terbang dan lebih mengenal hardware (printer/plotter) yang kita pakai, nantinya anda tinggal pencet 1~3 tombol (klik) untuk ngeprint.

    Untuk scale, harus diingat bahwa skala yang anda tulis pada gambar berbeda dengan Plot Scale pada Plot dialog box. Contohnya: saya tulis skala 1:1 pada Title Block (frame gambar) saya dan menggunakan ukuran kertas A3, tapi sekedar untuk review, saya ingin print gambar tersebut pada kertas A4, kalo saya set Plot Scale 1:1, tentu saja ada sebagian porsi gambar yang kepotong, tapi kalo Plot Scale saya set “fit to paper” ato 1:1.4, maka hasilnya bakal seperti yang saya inginkan, begitu juga sebaliknya.

    Sering aja coba-coba, tapi kalo boleh menyarankan, gunakan kertas bekas untuk aktifitas coba-coba ini, dan dengan gambar yang sesederhana mungkin.

    Oh ya, jangan pusing-pusing cari Anotation Scale kalo masih pake AutoCAD 2007 ke bawah.

    Let’s go green.

  • mohammad waluyo

    saya berprofesi sebagai guru teknik gambar bangunan, dan program autocad merupakan sarana menggambar bagi siswa kami. saya mohon penjelasan agar diberikan langkah-langkah dalam mengatur/memindahkan gambar dari model ke layout serta langkah-langkah mengatur skala, viewport sampai dengan mencetak. Untuk diketahui saya menggunakan AUTOCAD 2004 dan AUTOCAD 2006. Terima kasih atas bantuannya. Mohon penjelasan via email ke moh_waluyo@yahoo.co.id. Terima kasih

  • http://tentangcad.com Edo

    Pak M Waluyo,
    Kalau Bapak membaca tulisan ini, saya pikir cara kerjanya sudah jelas. Jika belum, silahkan diskusikan. Maaf, kami tidak melayani pertanyaan secara pribadi. Karena jika dijawab secara pribadi, yang lain tidak dapat mengikuti diskusi tersebut.

  • Rizki

    Mungkin butuh tutorial step-by-step yang bisa langsung dipraktekkan (atau disertakan file latihan juga) mas Edo.
    Maaf, saat ini cuma bisa bantu saran saja.

    @ Pak Waluyo,
    sebenarnya sudah banyak banget buku berbahasa Indonesia yang mengupas dasar-dasar AutoCAD (malahan sudah terspesialisasi ke masing-masing bidang studi tehnik). Tapi kembali lagi ke pengguna, seberapa keras usaha kita mempelajari program ini. Saya tidak akan melupakan saat-saat saya sampai pusing ingin mempelajari program ini lebih dalam (dan saya menikmati proses belajar ini).

    Keep learning & keep sharing.

  • herman

    Saya seorang yang ingin belajar Auto cad secara otodidak
    apakah disini bisa mendapatkan ilmu auto cad itu??
    bagaimana resepnnya jika belajar otodidak???

    • iwan setiawan

      Salam kenal,
      Saya baru belajar autocad, saya ingin nanya cara mudah membuat gambar batu2 jalan kereta api dengan 3D, kalo saya mo menerapkan materials ga ada contoh materialnya mas, tolong informasinya mas, makasih

  • Gunawan

    Saya karyawan di sebuah kontraktor saya sering diminta untuk menggambar walaupun saya bukan drafter perusahaan. saya sedikit tahu tentang Program Autocad, dan yang biasa saya gunakan jenis Autocad 2008 LT. saya sering kesulitan untuk memploting atau mencetak dengan skala yang diinginkan. Misal saya menggambar dengan ukuran jarak 100 cm skala yg dipakai 1: 100 seharusnya saat dicetak hasilnya 100 cm = 1 cm dikertas tapi ketika saya cetak ternyata hasilnya tidak sesuai. untuk pembaca lainnya mohon bantuannya. Trima kasih

    • Rizki

      Untuk proses drafting/gambar seharusnya semuanya digambar dalam ukuran sebenarnya dulu, yaitu 1:1. Baru ketika akan dicetak diatur sekalanya. Untuk mendapatkan scala yang sesuai, bisa saja gambar yang dah jadi di print preview dulu, kemudian diatur plot scalenya.

      • mohammad waluyo

        alhamdulillah saya telah menemukan cara cepat proses plotting dan memakai skala yg ingin saya gunakan berkat bantuan diskusi teman-teman serta keep learning n sharing.
        sedikit saya berikan masukan ke Bpk Gunawan, kalo saya dlm proses gambar menggunakan skala 1:1, tetapi pada format scale, saya rubah unit-nya. Misal skala 1 : 100 maka saya pada skala unit menjadi 1 : 0,1. Dengan pengertian dalam menggambar saya menggunakan satuan meter. Sehingga ketika kita letakkan gambar pada layout dg menggunakan single viewport maka gambar yg kita inginkan akan sesuai dengan skala. Semoga bermanfaat.

  • ega yosi

    gw nak arsitek tapi…
    buat gw sulit bgt belajar autocad
    kadang maen komputer lama2 mata gw perih
    tapi ndak ada hasilnya
    please…….
    bagi km smua ajarin gw dong….

    • Rizki

      Share pengalaman aja, aku basicnya mechanical tapi kursus AutoCADnya ke orang Sipil. Ketika kursus, gambar yang aku buat latihan bukan gambar sipil, tapi tetep gambar mechanical.

      Jadi pointnya, anda harus punya suatu target dalam mempelajari AutoCAD. Ambil aja gambar arsitek yang sederhana untuk ditiru yang bisa anda jadikan target/goal. Gak usah terburu-buru untuk membuat suatu gambar yang benar-benar baru. Hal itu sekalian untuk memperdalam ilmu gambar anda.

      AutoCAD ini kan hanya tool, pengetahuan tentang ilmu gambar tetap sebagai pondasi anda.

      • adnan

        sebenerny apapun macem auto cad basicny sama hanya konsentrasiny beda,,

        klo dasar2 ny bisa sih sy rasa semuanya mudah,,

        ditambah jam terbang juga..

  • taufiq

    Mau tanya neh, gimana caranya ngeplot supaya hasilnya tetap solid 3d bukan wireframe?
    Thanks sebelumnya

    • http://tentangcad.com Edo

      Ada pilihannya di dialog box utk plot kok. Defaultnya sih seperti yang ada di layar. Tp bisa dioverride.

      • taufiq

        gimana caranya mas edo? misal kita pengin ngeprint yang sudah di shading

        • Rizki

          Kalau anda print dari layout, tinggal aktifkan viewportnya dan langsung di shading aja. Atau kalo dari model sama aja langsung di shading, tapi pastikan kalo setingan di “Shaded viewport option” –> “Shade plot” sudah benar (bukan dalam kondisi wireframe).

          Aku gak tau mulai AutoCAD berapa hal ini bisa diaplikasikan, soalnya dulu leap dari versi 2002 ke 2007 dan sekarang 2010, dan di versi 2007 hal tersebut diatas (print dalam shaded condition) udah bisa diaplikasikan.

  • ast

    Hi Edo,
    tidak afdol kalau menjelaskan plotting tanpa memberikan gambaran bagaimana convert ke pdf, pshop, Jpg, Viewport, dan korelasinya dengan zoom XP.
    sulit menjelaskan di sini, mudah2an setelah tertutup aku engga kehilangan link topk ini.

    atau mesti buat topik baru mesti sama ?

  • fahmi

    mas saya mau plotting menggunakan lebih dari satu view port yang skalanya berbeda-beda, tapi saya ingin besar text dimensinya (huruf huruf pada garis dimensi) sama tinggi gimanaya? soalnya waktu saya ubah tinggi textnya pada satu viewport, tinggi text pada viewport lainnya ikut berubah?

  • alexs

    salam kenal, bagaimana cara menghitung volume pada autocad dan layer itu penggunaannya bagaimana… terima kasih

  • SYBOCK

    Permisi,,,,,,,

    waktu ngeplot di AUTOCAD di ukuran A1 Satuan skalanya itu mm,,,,,tapi waktu ukuran media kertas’nya jadi A0 satuan skala’nya berubah jadi Inchi,,,,

    caranya biar satuan skala media kertas A0’nya jadi mm gmn caranya mas,,, ??

    MOHON BANTUANnya Duonk,,,,,

    masa tiap ngeprint A0 saya Musti pakek Fit ti paper terus,,,,, Hadeehhhhh (T_T)

  • irfan komarudin

    saya lagi belajar autocad pemula dengan program th 2002,yang saya mau tanyakan gimana cara membaca gambar yang udah jadi dengan ukuran2 yang sudah di tentukan dalam buku latihan,sementara saya mau mempelajari dalam komputer lagi untuk di peraktekan.makasih atas perhatian

  • irfan komarudin

    dalam mempelajari auto cad kiat apa yang harus di perdalam karna saya mau terjun ke lapangan kerja dengan skill yang optimal sehingga dalam dunia kerja udah merasa yakin,tolong untuk menjawab pertanyaan jangan di jadikan satu, karna saya mau mempelajari dengan seksama

  • ekalaya78

    mas Edo kalau saya pakai R2007 di layout saya distance hasil ukurannya sama dengan model tp pakai R2004 hasilnya tepat, apa yg saya mesti atur di R2007 supaya hasilnya ukuran di layout tepat

  • Hsbudi

    PAk Saya pakai autocad 2011 tapi print warnanya kurang jelas printer nya masih baru dan tintanya masih penuh apanya yang harus di setting ( pakai windows xp, dan plotternya HP 510

    • Sugeng Marjono

      @ekalaya, hsbudi
      krn panjang & byk yg hrs di cek.. lbh baik chatt saja ya. id YM saya: smarjono

  • soeprapto

    untuk mencetak gambar d autocad 2010 posisi berdiri kok tdk ada ya pak…hanya lanscape aza…sedang posisi portrait kok gak ada ya pak?.. makasih atas infonya…

  • RONY ARDI ENGRANTO

    Mas, saya mau tanya masalah kualitas gambar di format dwf/kualitas hasil print. saya pernah mengeset plot pada acad saya hasilnya sangat bagus tidak blur atau ada noise ketika di zoom tapi sekarang saya lupa cara ngesetnya. sekarang hasil publish dwf saya kok mirip format jpg (waktu saya insert dwf underlay background kertas terlihat/putih, sedangkan dulu waktu setting format dwf yang bagus background kertas tidak terlihat/tidak ada warna). Terimakasih

  • Luthfi

    aslmkum… saya pemula nh..
    mohon penjelasannya donk tentang penggunaan border/title box…?

    thx..

  • rudy

    o ya pak tow mas, saya punya masalah dalam nge plot draft. setiap kali saya mau plot draft dengan format monocrome.ctb itu plot style nya itu selalu mising, apakah karena saya pakai windows 7 64 bit, atau seting Cadnya yang salah, saya memakai Cad 2010, terima kasih sebelumnya

  • heru

    dan sudah di prin gambar auto cad yah kok gambaryah gak penuh gimanah carayah agar gambaryah bisa full/gak miring dari kertasyah ??

  • adi

    saya lg belajar autocad 2009.
    pada pengaturan unit sesuai pembahasan artikel ini dalam mm.
    saat menggambar garis 5 meter dibuat garis sepanjang 5000mm
    saat sy coba di autocad 2009 dengan membuat garis 5000mm ujung garis tersebut tdk bisa terlihat di layar
    mohon bantuannya
    terima kasih..

    • http://solusicad.com/ sugeng marjono

      agar garis dapat terlihat lakukan langkah berikut ini.
      ketik dipapan command “z” spasi lalu ketik “e” spasi. atau double klik cepat pada roda mousenya.

      • adi

        thanks pak sugeng..

  • adi

    bgmna cara merubah dimensi linear satuan mm menjadi cm
    thanks..

  • Nanang Mardiyanto

    Saya seorang instruktur AutoCAD pada sebuah Lembaga /LPK, masih sering terbentur pada permasalahan yang sulit dipecahkan. Terima kasih Bung Edwin, saya selalu mendapat pencerahan melalui artikel Anda.

  • Sya’ban As

    aku ke bingungan ne mw print pake au13.. gambarnya gx jadi di print.

  • Bayu Aji

    Saya drafter di PT Langgeng Cakra Mukti, saya mengalami kesulitan untuk memasukan print style yg sudah saya buat di PT sebelum PT Langgeng, saya bngung mau di copy langsung di plot nya ga bisa. mohon solusi nya. terima kasih.

  • Ade Arfiani Pitaloka

    saya karyawan sebuah perusahaan kontraktor …
    mau tanya .. kalo pas kita ngezoom gambar lama sekali … itu harus di seeting apanya yaa ? biar ngezoomnya cepet kalo pake srool yang di mouse .. terus mau ngedrag dari scrool mousenya juga ga bisa , mohon bantuanya yaa terimakasih …

  • Tatang SM

    Mas saya mau tanya kalau plot Cad 2011 cara atur biar collor / monocrom carnya giman sy udh cari2 blm bisa makasih

    • http://solusicad.com/ sugeng marjono

      di jendela plot atau page setup manager.. di kanan atas “plot style table” biasanya none, ganti dengan monocrome
      hal diatas tidak berlaku bila pemilihan warna objek diluar yg 255 warna.
      contoh colornya: 46,166, 259
      jadi harus ganti color tsb dg warna anggota yg 255 td

  • Alisya

    Salam , saya mau tanya, :Jika menggambar garis 5m, buatlah garis sepanjang 5000mm.” sebelum membuat garis ini di model, perlu set kan apa-apa tak selain units? seperti drawing limit untuk apa ya? ini kerana bila saya buat garis 5000mm, garisnya sangat panjang di ruang model.

    • http://solusicad.com/ sugeng marjono

      untuk melihat garis yang terlalu panjang, cukup berikan perintah zoom extend.
      “Z” “enter”, “E” “enter”
      kombinasikan dg scroll di mouse.. garis akan terlihat “wajar”