Transisi Lingkaran ke Persegi

Bisakah Inventor membuat bentuk transisi dari persegi ke lingkaran untuk sheet metal? Di sini saya akan membahas langkah-langkahnya. Posting ini menggunakan tutorial ini sebagai referensi. Saya akan coba bahas lebih detail di sini.

Membuat file baru

Buatlah file baru dengan menggunakan template Sheet Metal (mm).ipt. Kita akan mulai mengerjakannya dari solid modeling. Jadi pada panel bar, klik Sheet Metal features, dan ubah menjadi Part Features.

Membuat sketch untuk bentuk lingkaran

Untuk bentuk lingkaran, kita membuat pendekatan dengan bentuk poligon. Makin banyak sisi poligon yang kita buat, akan makin mendekati bentuk lingkaran. Buat poligon dengan jumlah kelipatan 4 (8, 12, 16, dst). Tentu, jika anda ingin makin teliti, makin banyak sisi poligon makin baik.

Pada contoh ini saya menggunakan poligon dengan 12 sisi. Saya defenisikan radius dengan parameter.

Membuat Bentuk Persegi

Langkah selanjutnya adalah membuat satu workplane baru. Saya offset dengan parameter tinggi. Lalu saya buat dengan memberikan parameter panjang dan lebar persegi tersebut.

Kunci dari bentuk persegi ini adalah anda harus membuat transisi pada bagian sudutnya. Buat beberapa segmen yang paralel dengan poligon yang kita buat sebelumnya. Karena saya membuat dengan poligon 12 sisi, saya harus menambahkan 2 segmen di setiap sudutnya.

Membuat Loft, Fillet, dan Shell

Langkah selanjutnya adalah membuat loft untuk kedua sketch ini. Setelah menggunakan loft, berikan fillet untuk setiap sudut transisi. Fillet ini akan mendefenisikan tekukan sheet metal. Untuk radius fillet, berikan BendRadius + Thickness. Ketikkan saja nilai itu jika anda tidak tahu nilai yang digunakan pada sheet metal styles.

Sekarang kita akan membuat shell dan melubangi bagian atas dan bawah dari transisi ini. Tebal shell adalah Thickness. Kira-kira bentuknya akan seperti ini.

Membuat Split

Terakhir, kita harus mendefenisikan dimana sheet metal akan terbuka. Kita harus membuat potongan kecil di model ini.

Membuat Flat Pattern

Model kita sudah selesai. Terakhir kita harus mendefenisikan flat patternnya. Ubahlah kembali panel dari part features menjadi sheet metal features. Klik Flat Pattern untuk membukanya.

Hasil akhirnya akan menjadi seperti ini.

  • http://udaaf.multiply.com UdaAf

    Sebagai tambahan. Yang harus diperhatikan adalah jumlah transisi geometry antara sketch atas dan bawah. Dimana kedua geometry harus mempunyai nilai segment yang sama. Misal bagian bawah 12 segment maka bagian ataspun harus 12 segment.
    Bentuk geometry pada tutorial ini masih memungkinkan untuk transisi antar point berjalan sempurna. Tapi ketika segment pada sudut berjumlah lebih dari 4 segment maka akan ada sedikit kendala pada transisi. Periksa transisi pada tag transiton di feature loft. Unchek Automatic Mapping atur transisi antar point pada column point set. Hitung jumlah segment yang kita buat dan samakan. Hilangkan kelebihan transisi dengan menenakan tombol del hingga jumlah point=segment. Dan atur posisi transisi antar point. Jika benar maka nilai position akan bernilai 0 atau 1.
    Semoga bisa menambah wawasan

  • Wiro

    Mas UdaAf,
    Itu artinya bukan lingkaran donk… itu mah namanya polygon. Untuk yang lingkaran sempurna, apakah ada caranya ? Saya diberitahu oleh trainer saya untuk inventor harus pake software tambahan. dan wuih harganya lumayan. kira-kira ada gak caranya membuat secara manual?