Mengenal Revit Architecture

Posting ini adalah bagian pertama dari tutorial Revit untuk pemula yang akan saya publish. Jika anda berminat untuk mempelajari Revit dari awal, mungkin seri tutorial ini dapat berguna. Harap sabar jika saya tidak dapat mengupdatenya terlalu sering… karena menulis tutorial yang berurutan dari awal tidak semudah menulis tips dan tricks ;) Saya akan coba untuk menyelesaikan seri tutorial ini sampai akhir. Terutama jika peminatnya cukup banyak.

Satu tips dari saya, bagi yang sudah bisa AutoCAD, jangan membandingkannya dengan alur kerja AutoCAD, karena Revit dan AutoCAD adalah software yang sangat berbeda. They are totaly different animals! Selamat mencoba!

Tak kenal maka tak sayang. Sebelum memulai tutorial ini lebih jauh, saya akan menjelaskan lebih dahulu tentang Revit Architecture. Apa itu Revit, dan apa saja yang dapat dilakukannya.

Revit Architecture merupakan aplikasi building information modeling (BIM). Aplikasi BIM lebih dari sekedar aplikasi 3D modeling. Jika anda bekerja dengan model 3D, anda hanya dapat menggunakannya untuk visualisasi. Sementara dengan BIM, anda dapat melakukan jauh lebih banyak.

Berbeda dengan AutoCAD yang merupakan aplikasi CAD untuk umum, aplikasi BIM didesain khusus untuk para arsitek dan insinyur yang berkaitan dengan bangunan. Secara ringkas, BIM dapat diartikan anda membuat dan menggunakan model virtual dari bangunan. Sama seperti halnya jika anda membangun bangunan sesungguhnya, anda juga melakukan hal yang sama di Revit.

Karena anda membuat model bangunan sesungguhnya, anda dapat mengambil data apapun yang anda butuhkan dari model tersebut. Denah, tampak, potongan, schedule (bill of quantity) adalah sebagian dari data yang dapat anda gunakan. Lebih jauh, anda dapat menampilkannya dalam color fill, perspektif 3D, raytraced image (atau rendering), detailed drawing, dan hampir semua yang anda butuhkan dalam mendesain bangunan. Revit juga mendukung penggunaan aplikasi analisis seperti analisis struktur, analisis green building, heat load (beban pendingin/pemanas ruangan), dan berbagai analisis lain. Pendeknya, sebelum anda membuat bangunan sesungguhnya, anda dapat menganalisanya terlebih dahulu dengan membuat model Revit! Karena Revit Architecture memang didesain untuk arsitek, anda dapat bekerja seperti yang biasa dilakukan arsitek. Termasuk cara konvensional, yaitu dengan mendesain layout denah.

Meski anda bekerja dengan cara konvensional 2D, anda akan langsung memperoleh model 3D. Dengan demikian, anda dapat melihatnya sebagai tampak. Anda juga dapat mendefenisikan garis potong untuk memperoleh gambar potongan. Semua hanya dilakukan dalam satu kali kerja.

Data lain yang akan sangat berguna bagi anda adalah schedule. Revit dapat menghitung objek-objek arsitektur yang anda letakkan di model anda. Anda dapat mengetahui berapa volume dinding, jumlah pintu dan jendela, tanpa harus menghitungnya secara manual.

Yang paling menyenangkan, anda dapat melihat bangunan anda dalam bentuk perspektif dari sudut manapun. Anda cukup mendefenisikan posisi kamera anda. Hal ini akan sangat menyenangkan bagi desainer dan pemilik proyek. Pemilik proyek dapat lebih mudah memahami maksud desainer dengan melihat model 3D. Tentunya jauh lebih mudah dipahami daripada melihat gambar denah saja.

Di tutorial selanjutnya, anda akan mempelajari dasar-dasar Revit Architecture untuk mendesain bangunan yang anda lihat di artikel ini.

  • http://www.grafindo.multiply.com Dian Ariyanto

    Saya tunggu tutorial selanjutnya

    • arie

      saya tunggu lho,,,tutor selanjutnya

  • http://tentangcad.com Edo

    Tunggu saja tanggal mainnya pak Dian :)

  • http://yahoo.com Yulia

    untuk potongan hasil dari revit apa masih perlu diedit untuk detailnya atau sudah berupa gambar kerja?

  • http://tentangcad.com Edo

    To Yulia,
    Ya dan tidak. Seringnya memang detailnya masih harus dilengkapi. Namun makin baik kita mendefenisikan informasinya, makin sedikit pekerjaan detailingnya.

  • http://yahoo.com Yulia

    apakah gambar potongan juga sudah mendefisikan pondasi?

  • http://tentangcad.com Edo

    Jawabnya masih sama Mbak :)
    Kalau contoh yang saya buat di sini: http://tentangcad.com/2008/01/simple-project-dengan-revit/ pondasi udah termasuk.
    Tapi kuda-kudanya saya tambahkan detailing dari AutoCAD. Untuk detailing bisa dibantu AutoCAD atau detailed component dari Revit sendiri.

  • MuH

    wow…good good good
    ditunggu selanjutnya ….

  • efkarchitect

    thanks atas tutornya, bung, mas atau abang,

    saya pernah pake Graphisoft Archicad, dan belum pernah berhubungan dengan yang namanya Autodesk revit, apasih bedanya? kok kayaknya mirip dengan Archicad.

  • http://tentangcad.com Edo

    To Efkarchitect,
    Memang mirip, karena keduanya memang aplikasi BIM. Sebetulnya aplikasi BIM ada banyak. Ada dari Nemetschek Allplan, Bentley Arcitecture, dan sebagainya. Mana yang lebih cocok, silahkan dicoba dan diputuskan sendiri :)

  • Ditya

    wah infonya luar biasa pak edo, bahasa indonesia lagi .
    kan lebih mudah dipahami.

    Oh ya mau nanya pak, bedanya revit dgn revit building apa ya?
    apakah kalau mau desian gedung kantor atau apartemen harus menggunakkan revit building?

  • http://tentangcad.com Edo

    Revit Building itu nama Revit Architecture versi lama. Kalau tidak salah sampai Revit 9. Sejak Revit 2008, namanya berganti jadi Revit Architecture. Sama saja sebetulnya.

  • roni

    terimakasih, apa revit cocok buat saya , sya biasa bekerja untuk membuat sample pencahayaan pada sebuah bangunan, apa ada saran software yg sesuai dng job sya, bisanya sih pakai photoshop

  • http://tentangcad.com Edo

    Kalau maksud pak Roni hanya untuk sekedar rendering, tentu saja bisa. Kalau maksudnya untuk analisa lighting dan green building, butuh software lain. Tapi ya, model Revit bisa dianalisa di sana. Tidak hanya lighting, heat load, evacuation time, dll bisa dianalisis.

    Itu kelebihan BIM kan? ;)

  • lukman

    Saya biasa merancang dengan AutoCad, 3D nya dengan 3D max, dan kadang Finishingnya di Photoshop….Klw misalkan sy skrg mau beralih ke Revit. Pengetahuan saya dengan Program di atas mubadzir ga ya? soalnya saya blm tau Revit sama sekali nih. Thanks….

  • septiyan

    pak, saya mahasiswa arsitektur, saya sudah menggunakan revit 1 tahun belakangan ini, dan sangat sangat terbantu. Tapi ada beberapa hal yang mengganjal, seperti kalo di export ke auto cad untuk didetail, garisnya numpuk ga karuan,jadi capek mbenerin layer2nya. Revit juga kurang sesuai untuk dipakai gambar kerja, selain kurang detail, jarang ada tempat plotter yang menyediakan software revit, jadi ga bisa di print, harus di export ke CAD dulu. Terus kualitas renderannya itu… waduh…. tapi Revit 2009 dah pake Mental Ray… lumayan. Terus bapak tau ga di mana down load object revit, kayak kursi, tv, dll.

  • http://tentangcad.com Edo

    To Lukman:
    Tidak ada kata mubazir kok :) Walaupun beralih ke Revit, software2 itu masih dapat dimanfaatkan. Jadinya malah makin powerful

    To Septiyan:
    Memang sebaiknya tidak diexport ke Acad, tp justru dari acad di import ke Revit. Nanti kita bahas bagaimana caranya…

  • septiyan

    iya sih pak, terkadang saya import data cad saya ke revit, jadi kaya ngeblat gambar gitu. O ya denger2 revit architecture 2009 yang baru itu paket penjualannya di bundled sama autocad LT2009 ya? apa itu berarti autodesk udah mulai men-sinkronkan antara revit dan auto cad??
    sekarang saya kalo kerja tugas kuliah ato kerja proyek repot… modelling di revit, terus dilempar ke CAD (buat denah ama potongan n detail) terus modellingnya dirender di MAX, emang sih njelimet… tapi
    hasilnya jauh lebih cepat dan memuaskan kalo saya bandingkan sama temen2 saya yang cuma pake CAD + max ato cuma pake revit aja. Kalo menurut saya renderannya revit 2009 tu masi beginner, jelek sih nggak tapi jadi minder kalo dibandingin sama hasilnya max….

  • hamam

    aaku tunggu edisi tutorialnya ya

  • HelmY

    Pak…kalau bisa tolong kirimkan saya tutorial perencanaan menggunakan autodesk revit hingga thap R.A.B menggunakan Revit.Trima kasih atas Bantuannya.

    • http://tentangcad.com Edo

      Sdr. Helmy, kami tidak melayani permintaan seperti ini. Anda dapat baca di FAQ kami. Jika anda berminat, kami punya CD tutorial, dapat dipesan dan kami kirimkan melalui pos.

      • junda

        pak saya mau pesan cd tutorial revit gmn? saya liat di FAQ tidak ad?

  • kurniawan

    Thnxs 4 mas Edo ats tutorialnya…… kebetulan saya baru instal revit 9. Di tunggu tutorial selanjutnya…….

  • http://google.com ashar makmur

    tolong donk ksi tw cara2 supaya mahir autocad,,,

  • Olanks

    sya mang minim soal turunan produk autodesk mas, internet d tmpt saya jg lelet banget… br sadar bahwa revit punya platfor BIM n dr autodesk pula.

    dulu saya paksakan3d dr autocad dgn alasan enak susun layout DED project nya, skr kayaknya utk 3d mo beralih ke revit nih… maklum, konsumen jaman sekarang kan mau liat 3d jg… (sblumnya saya berfikir mo belajar Archicad utk 3d)

    salut buat mas edo… maju terus tentang cad…

  • Dedy

    Revit struktur koq jarang dibahas ya. . ?
    aku mengenal revit struktur sejak ada revit arsitektur, aku lebih condong ke struktur,
    kalo boleh tau rev. struktur apa bisa untuk nentuin perhitungan penulangan (load case)
    tolong dijelasin ttg rev. struktur lebih detail??
    ” Minta tolaong Dijawab di email ku juga”
    Trims…….

  • irawan

    apakah autocad = revit structure?

  • monds

    knapa revit struktur jarang di bahas…??
    di tunggu tutorial revit struckturnya…
    trim’s

  • opieq

    mas….tolong tutorialnya membuat balok pada lantai dan balok ringbalk…..soalnya di revit baloknya balok baja gitu kan…..
    bagi yang punya tutorial tolong diemail di opieq01@yahoo.com

  • Nur Mh

    spesiesnya revit itu apa saja dan sampai mana batas2 kemampuan effektifnya mas. terima kasih infonya.

    • http://tentangcad.com Edo

      Ada 3 varian “rasa”…

      Revit Architecture
      Revit Structure
      Revit MEP

      Intinya Revit itu jadi ujung tombak utk designer, modeling dilakukan di Revit, sementara analysisnya bisa dilakukan di aplikasi lain tanpa perlu modeling ulang. Misalnya dr Revit Architecture bisa dianalisis di Ecotect atau Navisworks, Structure bisa dihubungkan ke ETABS, MEP ke Green Building Studio atau IES Virtual Environment…

  • togog

    wah master yang satu ini memang beda, ilmunya segunung, tapi berjiwa besar rela membagikannya, tanpa ba bi bu dijawab semuanya dg jelas . cap jempol dech….

  • adhy

    mw tanya nich..
    sya bru mw mulai bljar pake revit…apa langkah awal yg mesti sya lakukan…

  • khambali

    tutorial yang mantab, kebetulan lg tugas untuk belajar revit jg.. tp mau tanya mas…. apa setiap proses install revit harus online ..? apa jg lama sperti punya saya? punya link free download software revit yg tanpa instal online ga mas ..? trima kasih …

    • http://tentangcad.com Edwin Prakoso

      Instalasi Revit dari DVD-nya tidak perlu download. Berbeda kalau instalasi dari media yang di download dari website Autodesk.

  • Suhe1980

    artikelnya sangat menarik…kami tunggu kelanjutannya mas…
    sy tertarik buat coba software ini….tp blom punya masterx

  • Faisal Bahar

    Siiippp menarik sekali

  • said

    mas mohon dibantu untuk mendapatkan DVD revit Arc …. info bisa di kirim ke email bang54_id@yahoo.com
    di tungu…….

  • Andi

    wah saya tertarik sekali, dimana bosa dapatkan bukunya?

  • tina

    Mas..tutorial untuk menghitung rab ada gak ya? Kalo ada..boleh minta linknya ?
    Makasih

  • irwan

    ada tutorial rivit arsitektur 2014 bahasa indonesia gang,,,,

  • Pingback: [TUGAS KOMPUTER ARSITEKTUR] Software-Software yang dapat membantu Aristek | vitaafriyani()

  • Pingback: CAD (Computer Aided Design) Paper | What Was Written()

  • Pingback: ADIRADHAISWARA_1304205093_TUGASPAPER | radhaiswara()

  • Pingback: Software Untuk Arsitektur | indrawiras()

  • Pingback: 1204205032 I Putu Dedy Sumantra – Artikel Software Arsitektur | dedy sumantra()

  • Pingback: 1304205007 Ni Kadek Ita Purnama Dewi – SOFTWARE UNTUK ARSITEKTUR | itapurnamadewi()

  • Arif4l

    Nice post om, sangat bermanfaat tuk membantu pekerjaan. Terutama cross check.

    Sayangnya tim teknis tetap minta darimana datangnya tu angka volume ^.^ tuk kontrak kerja.

  • Vicky

    Apakah revit dapat menghitung volume material yg digunaka

  • erwin

    mas sy sudah install revit 2013, hanya saja tidak ada ada template, apakah template ny bisa kita buat secara manual? thank..