Layer 0, By Layer, dan By Block

Pada saat anda membuat file baru AutoCAD, anda pasti akan menemukan satu layer, yaitu layer ‘0’. Dan layer ini tidak dapat dihapus. Layer ini disediakan untuk mengontrol sistem layer di dalam block. Jika anda perhatikan lagi pada properti color, linestyle, dan lineweight, anda akan dapat melihat ada properti ‘bylayer’ dan ‘byblock’. Bagaimana sebetulnya penggunaan properti ini?

Layer 0 pada dasarnya adalah layer standard. Jika anda membuat objek-objek dalam block pada layer 0 ini, saat anda menginsert block, maka objek-objek ini akan mengikuti layer yang aktif.

  • Jika anda menggunakan properti ‘bylayer’, maka propertinya pun (color, linestyle, dan lineweight) akan mengikuti layer yang aktif. Properti objek ini hanya dapat anda ubah dengan mengubah properti layer yang digunakan block.
  • Jika anda mengubah properti objek-objek dalam block menjadi ‘byblock’, maka propertinya dapat anda override secara individual setelah block anda letakkan.
  • Jika anda mengubah properti objek-objek dalam block menjadi selain bylayer dan byblock, maka anda tidak dapat mengoverridenya setelah block diletakkan.

Supaya lebih mudah dipahami, buatlah 2 layer baru, layer1 dan layer2. Berikan properti yang berbeda untuk mempermudah membedakannya. Buatlah 3 objek circle.

Circle pertama menggunakan layer 0, color bylayer, lineweight bylayer.

Circle kedua menggunakan layer 0, color byblock, lineweight byblock. Perhatikan bahwa color dan lineweight tidak lagi mengikuti layer!

Circle ketiga menggunakan layer2, color red, lineweight 1.00. Aktifkan LWT pada drafting settings agar anda dapat membedakan lineweightnya.

Buatlah sebuah block dari ketiga objek ini.

Pastikan properti block ini masih bylayer seluruhnya. Sekarang, coba ubah-ubah layer block ini. Perhatikan bahwa properti circle1 dan circle2 akan berubah mengikuti properti layer, sementara circle3 akan tetap ngotot menggunakan propertinya sendiri. Hal ini karena circle3 propertinya dioverride, bukan bylayer ataupun byblock.

Sekarang ubah properti block, color dan lineweight. Gunakan warna dan tebal yang kontras agar terlihat jelas. Apa yang terjadi? Hanya circle2 yang propertinya berubah! Circle2 adalah objek yang propertinya diset ke ‘byblock’!

Sekarang ubah layer block ini ke layer 1. Objek mana saja yang berubah mengikuti properti layer yang baru? Dan terakhir, freeze layer 2. Jika anda membuat objek pembentuk block pada layer selain ‘0’, maka objek itu akan tetap mengikuti properti layernya sendiri, bukan layer yang digunakan block.

  • Info yang sangat bagus untuk di ketahui.

  • salmon493

    tau banyak,,,, banyak tau,,,, nge’drawing jd mudah,,,, hohohoho