DWG TrueView

DWG TrueView adalah DWG viewer yang dapat di download gratis dari situs Autodesk. Resmi, bukan bajakan. Karena memang fungsinya hanya viewer, tidak dapat untuk mengedit file DWG. Namun belakangan, TrueView diintegrasikan dengan kemampuan TrueConvert, anda dapat menggunakannya untuk membuka dan men-save as file DWG yang ada ke versi di bawahnya!

Saya ingin membahas sedikit tentang format file ini. Yang paling menyebalkan dari file AutoCAD, mungkin, adalah versi file DWG yang selalu berubah. Sebetulnya perubahannya tidak setiap versi, tapi setiap release. Jika anda mengenal AutoCAD dari jaman dahulu kala, mungkin masih ingat dulu nama AutoCAD adalah AutoCAD R.12, AutoCAD R.13, AutoCAD R.14. Namun berhenti di AutoCAD R.14. Setelah itu namanya berganti menjadi AutoCAD 2000, AutoCAD 2002, dst. AutoCAD R.14 menunjukkan release AutoCAD, sementara AutoCAD 2009 menunjukkan versi AutoCAD. Meski demikian, kode release masih dipakai. AutoCAD 2009 sebetulnya adalah AutoCAD R.17.2! Dan format file sendiri sebetulnya berubah hanya jika release berubah, tapi kalau versi yang berubah, format file belum tentu berubah.

Bingung? Kira-kira ini bedanya.

AutoCAD R.15 = AutoCAD 2000, AutoCAD 2000i, AutoCAD 2002
(format file dikenal sebagai AutoCAD 2000)

AutoCAD R.16 = AutoCAD 2004, AutoCAD 2005, AutoCAD 2006 (AutoCAD 2004)

AutoCAD R.17 = AutoCAD 2007, AutoCAD 2008, AutoCAD 2009 (AutoCAD 2007)

Artinya? Jika anda punya AutoCAD 2007, anda dapat membuka file AutoCAD 2008 dan AutoCAD 2009 tanpa konversi file. Sepertinya Autodesk punya pola untuk mengubah release 3 tahun sekali. Besar kemungkinan AutoCAD 2010 adalah AutoCAD R.18.

Sebetulnya jika kekhawatiran anda ada pada masalah format file, dengan adanya TrueView, anda tidak perlu terlalu khawatir. Anda dapat membuka file release berapapun, dan menyimpannya ke release yang anda miliki. Dengan catatan, anda memiliki TrueView versi terbaru. Hanya saja, saya merasa tetap menggunakan versi yang terlalu jauh tertinggal tidak bijaksana. Karena banyak fitur baru yang diperkenalkan di tiap versi. Anda mungkin tetap dapat membuka filenya, tapi fitur-fitur yang tidak kompatibel di versi sebelumnya akan dihilangkan. Atau tetap dapat anda lihat, namun tidak dapat anda edit. Menurut saya, itu menyebalkan.

Bagi yang ingin mendownload TrueView, dapat download di sini:

  • Ardi Prasetyo

    trims Mas!!

  • Bengbeng

    mas mo tanya nich….tau ga caranya membuka script code perintah dr sebuah file autocad yg tlah jadi?

  • untung

    mas saya orang awam jadi kalau bisa kirim informasi yang baru ke e-mail saya…
    terimakasih mas

  • bimo

    permisi pak..

    apakah anda tahu software untuk viewer autocad. jadi tanpa instal autocad bisa melihat edit, crop seperti itu pak.. terima kasih atas informasinya.