DWFx

Anda sudah kenal format DWF? Apakah anda sudah mencoba menggunakan DWFx? Format ini adalah format XPS dari DWF. Format ini sudah dijadikan default pada produk 2009 dari Autodesk. Kelebihannya apa? Berbeda dengan DWF yang dulu harus dibuka dengan DWF Viewer, Design Review, DWFx dapat dibuka hanya dengan Internet Explorer 7 tanpa harus diinstall program tambahan! IE 7 di Vista dapat langsung membukanya. Sementara IE 7 di XP juga bisa, dengan syarat menginstall .NET versi terakhir.

Bagi anda yang belum familiar dengan format DWF, format file ini sebetulnya mirip PDF, namun milik Autodesk. Kenapa harus DWF, format ini digunakan agar anda dapat memberikan file anda untuk direview oleh owner, konsultan, atau rekan kerja anda. Tapi tentunya, file ini tidak dapat mereka edit, copy, dan diklaim sebagai milik mereka sendiri. DWF tetap dapat dimarkup dengan DWF viewer yang dapat diperoleh secara free. Namun tetap saja, jika anda membuat logo perusahaan anda disana, mereka tidak dapat membuangnya!Anda dapat membuat format DWFx dengan mempublishnya ke format tersebut.

Lalu, bagaimana jika anda belum menggunakan AutoCAD 2009? Bisakah anda membuat file DWFx? Bisa. Jika anda menggunakan AutoCAD 2008, anda dapat menginstall driver ini. Anda dapat juga menginstall Design Review (dari DWF ke DWFx) atau TrueView (DWG ke DWFx).

  • faisal

    halo sobat aku punya problem dengan autocad 2009, karena saya instal autocad 2009 selalu gagal padahal sudah ku ikuti petunjuknya, tolong untuk membantu dalam instal autocad 2009. Tks ya

  • Priyo

    DWF viewer uninstall..pengaruhkah ke kinerja autocadnya…?