Autodesk Impression

Menurut anda, dengan software apakah image berikut ini dibuat? Mungkin kebanyakan akan menyebutkan CorelDraw. Memang tidak salah, CorelDraw banyak digunakan untuk efek-efek seperti ini. Namun ini bukan dibuat dengan CorelDraw, tapi dengan software gratisan dari Autodesk. Namanya Autodesk Impression.

Gratis? Ya, gratis. Free of charge. Tapi ada catatan yang menyertainya. Software ini hanya bisa di download oleh subscription customers. Bagi yang belum akrab dengan subscription, ini adalah maintenance program untuk customer Autodesk. Keuntungannya antara lain, product support, free upgrade, dan software-software gratisan seperti Impression ini.

Sekarang, saya akan coba bahas sedikit tentang Impression ini. Impression sangat mudah digunakan. Jauh lebih mudah dari CorelDraw. Tapi masuk akal, karena Impression memang sudah khusus untuk membuat impresi dari gambar-gambar AEC. Anda dapat langsung membuka file DWG atau DWF, dan melihat efek sketch dari gambar tersebut.

Lebih jauh, anda dapat melakukan color fill, mengganti stroke effects, menggambar free sketch, dan berbagai objek lain.

Anda juga bekerja dengan layer di Impression. Sehingga anda dapat mengubah jenis stroke atau efek pensil dari tiap layer dengan mudah.

Color fill juga sangat mudah. Bisa dikatakan tinggal klik sini, klik sana. Impression langsung mengenali lines yang ada dari file DWG. Dan langsung menganggapnya sebagai boundary. Ada beberapa teknik untuk langsung mewarnai banyak area sekaligus, dan tutorial yang ada cukup membantu.

Yang menarik juga, kita dapat drag and drop library block untuk mempercantik image kita. Pohon, mobil, orang, dengan berbagai efek tersedia. Mulai dari efek lukisan sampai sketch.

Jika anda arsitek yang sering membuat artist impressions seperti ini, rasanya Autodesk Impression adalah pilihan tepat. Sangat mudah digunakan, dapat langsung membaca file DWG atau DWF dengan sangat baik. Dan yang paling menyenangkan… free!

  • http://keromail.com nando

    tolong kirimin plugin autocad untuk komstriksi ya.
    btw thx ya atas bantuannya